Electric Cauter Teknik Seperti Apa?

Sebelum tindakan pembedahan, pada beberapa teknik electric cauterization dokter akan menempatkan pad electro cauter pada tubuh pasien fungsinya sebagai grounding umumnya di bagian paha. Juga untuk melindungi bahaya arus listrik terutama pada electric cauterization jenis unipolar. Selanjutnya dokter akan membersihkan lokasi atau bagian kulit yang akan dibedah, dengan cairan aseptic, dan melapisinya dengan gel khusus untuk menghindari kemungkian terjadi luka bakar.

Dokter selanjutnya melakukan prosedur anastesi local atau umum, tergantung pada tindakan operasi yang akan dilakukan pada pasien. Ditangan dokter akan ada probe dengan aliran arus dari generator electric cauterization. Probe inilah yang kemudian digunakan untuk memotong, merobek jaringan atau kulit pasien.

Tak perlu khawatir, arus listrik yang dialirkan ini tidak akan masuk ke tubuh Anda. Hanya ujung dari probe yang tipis dan dipanaskan inilah yang akan menyentuh jaringan atau kulit pasien. Panas yang dihasilkan probe digunakan untuk menyegel pembuluh darah disekitar jaringan sehingga meminimalkan perdarahan yang mungkin terjadi pada pasien.

Paska tindakan electric cauterization, beberapa risiko tindakan mungkin dapat terjadi pada pasien. Diantaranya; infeksi, nyeri. Untuk mencegah terjadinya infeksi dokter mungkin memberikan obat antibiotic. Dan untuk menghilangkan nyeri, dokter akan memberikan obat penghilang nyeri setelah prosedur selesai dilakukan.

Pemulihan paska tindakan electric cauterization tergantung pada besarnya tindakan operasi yang dilakukan atau banyaknya jaringan yang dibuang. Pada sunat menggunakan alat ini misalnya waktu penyembuhan mungkin berkisar antara 5-7 hari. Pada tindakan pembedahan yang lebih besar waktu penyembuhan mungkin lebih lama sekitar 2 hingga 4 minggu

 

POST REPLY