Sikat Gigi OKE, tapi Jangan Lupakan Benang Gigi

Sikat gigi sudah tapi masih ada sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi? Solusinya adalah menggunakan benang gigi. Benang gigi belum merupakan produk yang jamak digunakan bagi sebagian besar orang Indonesia. Ternyata, menyikat gigi saja tidak cukup. Apa saja manfaat dari menggunakan benang gigi?

Menyingkirkan gangguan gusi

Benang gigi akan mempermudah kita untuk dapat menyingkirkan sisa makanan dan plak yang terdapat di sela-sela gigi. Plak merupakan zat lengket dan menumpuk pada gigi, yang dihasilkan oleh bakteri dalam mulut. Penumpukan plak dapat menyebabkan iritasi dan peradangan gusi oleh bakteri. Akibatnya, jaringan penyangga gigi dapat rusak dan gigi mudah tanggal. Plak yang lengket pada permukaan gigi mungkin dapat dibersihkan dengan menyikat gigi. Namun jika letaknya terdapat di sela gigi, jalan terbaik adalah dengan membersihkannya menggunakan benang gigi.

Beberapa manfaat menggunakan benang gigi yang paling utama adalah mencegah radang gusi dan gigi tanggal akibat infeksi gusi. Gangguan gusi yang ada juga dapat membaik setelah rutin menyikat gigi disertai dengan menggunakan benang gigi. Hal ini ditandai dengan berkurangnya gusi berdarah pada mereka yang menggunakan benang gigi sekali sehari, selain menyikat gigi dua kali sehari.

Mencegah komplikasi gigi gemeretak

Gigi gemeretak saat tidur? Ini dapat merusak permukaan gigi, selain juga dapat menimbulkan nyeri pada rahang, kepala dan telinga. Selain dengan proteksi yang baik sebagaimana dianjurkan oleh dokter gigi anda, menyikat gigi dan menggunakan benang gigi dapat mengurangi risiko komplikasi gigi gemeretak.

Mengurangi bau mulut

Senyum indah tentunya perlu diikuti dengan napas yang segar. Menggunakan benang gigi secara rutin akan mencegah pembusukan sisa makanan dan kerusakan gusi, yang menimbulkan bau tidak sedap pada mulut.

Menjaga kesehatan secara keseluruhan

Banyak penyakit yang dapat timbul berkaitan dengan kurangnya kesehatan gigi dan mulut. Misalnya gangguan kesehatan jantung dan penyakit infeksi yang memasuki tubuh melalui infeksi gigi dan gusi. Dengan menggunakan benang gigi, kita dapat mencegah pembusukan gigi dan menurunkan risiko terjadinya penyakit gusi. Sambil membersihkan, kita dapat sambil memeriksa bila ada hal mencurigakan di mulut, seperti pembengkakan atau kemerahan. Banyak penyakit yang dimulai dengan kelainan di mulut, seperti lidah kotor, gusi bengkak, benjolan di bagian dalam mulut, dan lain-lain.

POST REPLY