Electric Cauterization, Minimal Perdarahan

Electro cauterization (EC) merupakan prosedur pembedahan yang sering dilakukan dokter atau dokter bedah menggunakan tenaga listrik yang diubah menjadi panas untuk mencegah perdarahan paska terjadi kecelakaan atau saat pembedahan, menghilangkan jaringan kulit yang tidak normal, memotong kulit (sirkumsisi) dan mencegah terjadinya infeksi.

Dokter bedah, mungkin menggunakan teknik ini untuk memotong jaringan kulit dalam prosedur pembedahan sehingga dokter dapat lebih leluasa menjangkau ke area yang akan dilakukan terapi bedah. Dengan electro cauterization perdarahan yang mungkin terjadi saat pembedahan dapat diminimalisir karena teknik ini langsung menghentikan keluarnya darah. Luka menjadi lebih bersih dan mencegah pasien kehilangan darah dalam jumlah yang banyak. Seperti halnya dalam proses sirkumsisi.

Tak hanya popular dilakukan dalam proses sirkumsisi. Electro cauterization atau popular di masyarakat sebagai Laser juga banyak dilakukan dokter untuk keperluan lain seperti menghilangkan tumor, menghilangkan kutil terutama pada kelamin. Bahkan pada kasus kutil kelamin electro cauterization ini cukup efektif dan hanya dilakukan sekali.

Tidak ada persiapan khusus yang dibutuhkan sebelum prosedur electric cauterization ini dilakukan. Jika saat prosedur terjadi perdarahan hebat, dokter mungkin mengambil sample darah pasien untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium untuk mengetahui kemungkinan masalah pembekuan darah atau kesehatan lainnya. Pada beberapa kasus, misalnya pada dewasa, yang mengkonsumsi obat pencer darah seperti aspirin, ibuprofen, dan warfarin. Dokter akan meminta anda menghentikan konsumsi obat beberapa hari sebelum tindakan sunat atau bedah lainnya dilakukan menggunakan teknik electric cauterization.

POST REPLY