Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan

Hampir setiap orang mengenal bunga yang satu ini. Harum mewangi dengan kelopak bunga yang anggun, itulah bunga mawar. Mawar merupakan jenis tanaman dari genus rose, yaitu jenis mawar liar yang terdiri dari 100 jenis. Bunga mawar banyak tumbuh dibelahan bumi bagian utara yang berudara sejuk. Ditempat ini mawar dapat mencapai tinggi dua hingga lima meter.

Sampai saat ini tidak sedikit orang memanfaatkan bunga mawar sebagai tanaman hias dan aksesoris berbagai acara. Seperti acara adat pernikahan, ucapan selamat dalam bentuk rangkaian bunga. Selain itu kuntum bunga mawar juga digunakan menyertai bunga dan aksesoris lain seperti melati. Aromanya yang wangi dan khas sepertinya mampu meningkatkan ‘kesakralan’ acara adat tersebut. Namun lebih dari itu bunga ini ternyata bisa kita manfaatkan untuk kesehatan salah satunya adalah untuk mengatasi bau mulut, sebagai antidepresan, antivirus, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C, bahkan untuk  kecantikan kulit dan wajah.

Dalam literatur, bunga mawar disebutkan mengandung senyawa sitral, sitronelol, geraniol, linalo, nero, eugenol, feniletil, alkohol, farnesol, dan nonilaldehida. Senyawa-senyawa tersebut berfungsi sebagai bahan penetralisir racun, melancarkan sirkulasi darah, menghaluskan kulit, sehingga sering digunakan untuk  perawatan kulit, baik tubuh maupun wajah. Bunga Mawar dapat ditemukan di Toko Bunga dengan harga yang terjangkau.

Khusus untuk bagian wajah, bunga mawar bisa dijadikan sebagai toner dan masker. Caranya bunga mawar di rebus dahulu, air rebusan bunga mawar selanjutnya disaring, baru digunakan sebagai toner atau masker. Bunga mawar juga dikatakan mampu menghambat penuaan, dan menjadikan kulit menjadi lebih halus.

Cara lain untuk menghaluskan kulit, yaitu dengan mengambil kelopak mawar lalu dimasukan ke dalam mangkuk secukupnya, kemudian tuangkan 2 gelas air panas kedalamnya, tutup rapat dan diamkan selama setengah jam, lalu peras kelopak mawar. Masukan sari mawar tersebut kedalam lemari es, tunggu hingga dingin. Langkah terakhir, usapkan atau tempelkan handuk atau kapas yang telah dibasahi dengan menggunakan sari mawar. Maka Anda akan mendapatkan cooling effect yang maksimal dengan bahan yang alami.

Selain itu air rendaman bunga mawar ini juga dapat membuat kulit menjadi sehat dan segar, serta menyeimbangkan kadar minyak di wajah kita. Cara mendapatkan bunga mudah sekali, Cukup berkunjung ke Toko Bunga.

Bunga mawar memiliki kandungan minyak yang sangat aman untuk semua jenis kulit. Minyak mawar, yang kaya akan  omega-3 dan omega-6 fatty acids, sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit  kering, kasar, pecah-pecah, sensitif, dibakar, atau penuaan kulit. Bunga mawar juga memiliki kandungan antioksidan vitamin A dan vitamin C. Minyak mawar memiliki efek tonik dan menyegarkan bagi pembuluh darah yang terletak persis di bawah permukaan kulit.

Selain itu minyak mawar mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah, iritasi dan luka bakar, atau peradangan kulit. Selain aman digunakan bunga mawar terbukti memiliki banyak khasiat. Diantaranya; kandungan minyak atsiri mawar yaitu geraniol dan limonene dapat digunakan sebagai antiseptik, pembunuh jamur candida albican sebagai penyebab keputihan dan menambah daya tahan tubuh. Wangi khas dari bunga mawar juga dapat  digunakan sebagai aromaterapi.

Para ahli menyebutkan bahwa penggunaan larutan destilasi dari bunga mawar untuk pembersih wajah/astringent sejauh ini aman, asalkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Larutan destilasi bunga mawar, memang tidak mudah di buat secara langsung oleh semua orang karena memiliki standard produksi tertentu, namun produk jadi dalam kategori tersebut banyak beredar di pasaran saat ini. Umumnya bagian wajah, atau kulit yang di berikan larutan mawar ini, akan terasa lebih segar.

Untuk perawatan tubuh, air mawar yang dapat digunakan sebagai campuran lulur/ scrub. Lulur apapun dapat digunakan disesusaikan dengan kebutuhan tubuh, lalu air mawar ini dituangkan pada adonan lulur yang akan digunakan. Hasilnya kulit akan terasa lebih kenyal dan segar. Aromanya pun dapat dijadikan sebagai aroma terapi yang menenangkan pikiran, psikologis dan kenyamanan seseorang. Aroma wangi berasal dari salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum.

Dalam banyak hal, bunga mawar merah dan merah muda banyak dipergunakan sebagai bunga potong segar, meski akhirnya layu.  Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Saati pada tahun 2001, dalam bunga mawar yang telah layu masih mengandung pigmen antosianin. Antosianin merupakan salah satu zat pewarna alami berwarna kemerah-merahan yang larut dalam air dan tersebar luas di dunia tumbuh-tumbuhan. Zat warna ini banyak diisolasi untuk digunakan dalam beberapa bahan olahan, makanan maupun minuman.

Asam antosianin ini akan lebih stabil digunakan pada kondisi basa atau netral. Antosianin dipengaruhi beberapa faktor antara lain pH, temperatur, oksigen, ion logam. Antosianin juga tergolong senyawa flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan alami. Antosianin mampu menghentikan reaksi radikal bebas dengan menyumbangkan hidrogen atau elektron pada radikal bebas dan menstabilkannya.

POST REPLY