Mengenal Insulin

Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Insulin memiliki tiga fungsi, yaitu membuka jalan agar glukosa dapat masuk ke dalam sel untuk menghasilkan energi, menekan produksi gula di hati dan otot, dan mencegah pemecahan lemak sebagai sumber energi. Pada diabetes mellitus tipe 1, insulin tidak tersedia di dalam tubuh. Kondisi ini umumnya diderita sejak usia kanak-kanak karena pankreas tidak memproduksi insulin. Akibatnya tubuh tidak dapat memperoleh energi dan dapat berbahaya bagi anak. Untuk itu, anak dengan diabetes mellitus tipe 1 harus mendapat suntikan insulin dari luar.

Harus diberikan melalui suntikan

Insulin merupakan protein. Akibatnya, jika insulin diberikan secara per oral atau diminum, ia akan dipecah sehingga tidak dapat bekerja. Dengan demikian, insulin hanya dapat diberikan melalui suntikan. Meski diberikan dalam bentuk suntikan dengan teknologi pena insulin sekarang, yang memungkinkan jarum insulin menjadi sangat kecil, maka anak tidak akan terasa sakit ketika diberi suntikan, sehingga memudahkan pemberiannya pada anak. Bahkan dapat juga diberikan melalui alat free needle injection (Comfort-inTM) yang dapat dibeli melalui PT Visi Sejahtera Medika.

Tujuan pemberian insulin adalah untuk meniru pengeluaran insulin oleh pankreas sebagaimana pada orang yang sehat. Normalnya, pankreas akan mengeluarkan insulin dalam jumlah kecil sepanjang hari. Jika seseorang makan, maka pankreas akan mengeluarkan lebih banyak insulin untuk menangkap glukosa yang terdapat dalam makanan.

Insulin yang tersedia sekarang ini, merupakan insulin manusia yang dibuat melalui rekayasa genetik, yaitu dengan menyisipkan gen manusia ke dalam bakteri atau ragi, sehingga memproduksi insulin manusia.

POST REPLY