Tips Memilih Tempat Cuci Darah

Sebagai pasien, tentunya menginginkan pelayanan cuci darah yang terbaik. Mulai dari ketersediaan alat, dokter ahli, perawat, serta pelayanan yang prima. Selain itu, hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih fasilitas cuci darah antara lain kenyamanan selama pencucian darah dan lokasi yang mudah terjangkau.

Meski demikian, tidak semudah itu menemukan fasilitas cuci darah yang cocok bagi anda dan keluarga. Masing-masing fasilitas biasanya memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun fasilitas cuci darah yang baik harus memenuhi beberapa syarat, antara lain:

  • Bersih. Ini merupakan syarat mutlak bagi fasilitas cuci darah yang baik. Tempat dan peralatan yang bersih akan meminimalisir terjadinya infeksi. Tidak hanya di dalam ruang perawatan, ruang tunggu pun juga harus bersih. Ruang tunggu idealnya dilengkapi dengan buklet edukasi mengenai penyakit ginjal dan pilihan-pilihan pengobatannya.
  • Staf yang ramah. Semua staf hendaknya ramah, sabar, dan sopan dalam menghadapi pasien serta keluarganya. Staf mau mendampingi setiap pasien dengan tulus dan berkenan untuk membawa anda berkeliling di fasilitas tersebut untuk melihat-lihat. Staf yang ramah dan sabar akan membuat anda nyaman selama menjalani cuci darah
  • Staf terlatih dan jumlahnya cukup. Staf, teknisi dan dokter telah menjalani pelatihan dan mendapat sertifikat khusus di bidang hemodialisa. Semakin banyak staf perawat dan dokter, tentunya perawatan juga lebih maksimal. Idealnya, perbandingan antara staf dengan pasien adalah satu banding tiga sampai empat pasien.
  • Memiliki mesin volumetrik dengan dialisat bikarbonat dan kapabilitas natrium yang dapat diprogram. Ini akan sangat membantu stabilitas dan kenyamanan anda selama cuci darah berlangsung. Fasilitas cuci darah yang baik juga harus memenuhi syarat pembuangan limbah yang baik dan tanyakan mengenai penggunaan dialyzer secara berulang.
  • Memiliki rancangan keadaan darurat yang baik. Seperti ketersediaan ambulans, pembangkit daya listrik seandainya listrik mati, ketersediaan defibrilator, dan lain-lain.
  • Lokasi mudah diakses dan dijangkau. Selain dekat, mudah dijangkau dengan kendaraan umum, sebaiknya juga berada di jalan yang tidak terlalu macet. Ia juga harus mudah diakses oleh pasien yang cacat.

Untuk memilih fasilitas yang tepat bagi anda, jangan malu bertanya.  Apalagi anda akan perlu melakukan cuci darah di tempat ini berulang kali. Berikut beberapa hal yang patut dipertimbangkan saat memilih tempat cuci darah:

  • Apakah fasilitas cuci darah tersebut memenuhi syarat yang baik?
  • Jika terjadi keadaan darurat, ke rumah sakit mana anda akan dirujuk?
  • Apakah tempat dan staf di fasilitas tersebut membuat anda nyaman? Misalnya kasur yang bersih, tersedia televisi, tidak terlalu panas atau dingin, tempat tidur nyaman, pengawasan yang cukup dari staf, keramahan dan keahlian staf, dan lain-lain.
  • Kebijakan fasilitas, apakah boleh menggunakan telepon seluler atau laptop selama cuci darah? Apakah keluarga atau teman boleh masuk ke dalam ruangan cuci darah? Apakah boleh makan dan minum selama cuci darah?
  • Waktu operasional fasilitas cuci darah. Apakah 24 jam sehari? Apakah buka setiap hari?

POST REPLY