Tips Menonton Film 3 Dimensi

Bukan ukuran kacamata yang tidak pas yang perlu dikuatirkan, melainkan sterilitasnya. Kacamata 3D harus disterilkan setiap kali habis digunakan. Ini karena kacamata dipakai oleh banyak orang sehingga dapat menjadi media perpindahan kuman. Kuman yang sering ditemukan adalah stafilokokus, yaitu kuman yang umum ditemukan pada kulit. Pada orang yang sehat, kuman ini tidak akan menimbulkan penyakit, namun pada orang dengan kekebalan tubuhnya rendah kuman ini dapt menimbulkan penyakit. Selain itu, ada jenis kuman stafilokokus yang telah kebal terhadap berbagai antibiotik dan sangat berbahaya. Oleh karenanya, sterilisasi kacamata menjadi penting. Umumnya kacamata yang digunakan di bioskop telah disterilisasi dan disimpan di tempat dengan sinar UV sebelum digunakan. Selain itu, ada pula kacamata yang terbuat dari bahan antikuman.

Efek pada mata

Ketagihan menonton film 3D? Jangan kuatir, ternyata hal ini tidak berbahaya. Memang tidak jarang setelah menonton film 3D mata kita terasa kering. Ini terjadi karena gambar 3D yang sangat bagus sehingga mata jadi lebih jarang mengedip. Akibatnya, mata kurang mendapat air mata dan lebih cepat kering. Selain itu, beberapa orang dapat merasa sedikit limbung setelah menonton film 3D. Ini adalah respon penglihatan yang sedang memulihkan kemampuan stereoskopik. Hal ini dapat mengganggu ketajaman penglihatan jangka pendek dan mungkin menyulitkan seseorang dalam melakukan sesuatu, seperti menyetir misalnya.

Untuk jangka panjang, sampai saat ini dilaporkan belum ditemukan efek samping film 3D terhadap penglihatan. Malah, menonton film 3D dapat dijadikan sebagai olahraga bagi otot-otot penggerak mata. Selain itu, ia dapat dijadikan sebagai alat pendeteksi kelainan pada penglihatan. Meski demikian, dianjurkan untuk memberi waktu bagi mata untuk beristirahat dan tidak terus-terusan melihat film 3D.

Tips

Lihat ke bagian tengah gambar.

Duduk di kursi tengah teater, tidak terlalu dekat ataupun jauh dari layar.

Jika memiliki gangguan mata seperti di atas, tidak dianjurkan untuk menyaksikan film 3D.

Sebelum menggunakan kacamata 3D dapat dibersihkan terlebih dahulu menggunakan tissue antibakteri atau alkohol.

Cuci tangan sebelum masuk ke dalam teater dan mengenakan kacamata 3D.

Jika ingin menonton televisi 3D, beri jeda agar mata dapat beristirahat.

POST REPLY