Waktu Tepat Si Kecil Tidur Menggunakan Bantal

baby-1266117_1920Umumnya, bayi diperbolehkan untuk mulai tidur dengan bantal setelah usianya mencapai 2 tahun. Pada usia ini, bayi sudah cukup mahir untuk menjaga jalan napasnya tetap terbuka selama tidur. Buah hati Anda bahkan mungkin sudah bisa meminta bantal atau boneka untuk menemaninya tidur. Apalagi, pada usia ini biasanya bayi sudah dapat dipindahkan dari tempat tidur bayi ke tempat tidur biasa.

Pada saat masih bayi, proporsi kepala terhadap tubuh masih besar. Seiring waktu, lebar bahu akan mulai melampaui ukuran kepala. Saat inilah biasanya kepala mulai membutuhkan penyangga saat tidur. Perlu diingat, bahwa penggunaan bantal untuk anak tidak diharuskan. Jika si kecil tidak mau atau belum meminta bantal, jangan dipaksa. Bantal yang dapat diberikan pertama kali adalah yang datar dan agak keras. Jangan memberikan bantal biasa untuk bayi yang masih kecil.

Bagaimana dengan sleep positioner? Produk yang dibuat untuk menjaga agar bayi tidur dalam posisi terlentang ini ternyata juga dinyatakan tidak aman dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada bayi. Produk ini dapat berupa alas tidur dengan guling di kedua sisinya, ataupun dilengkapi matras dengan kemiringan tertentu dengan harapan dapat mengurangi terjadinya refluks, kolik, serta mencegah kepala supaya tidak peyang. Masalahnya, begitu bayi berubah posisi, ia akan kesulitan untuk mengembalikan atau merubah kembali posisi kepalanya. Dengan demikian, risiko terjadinya kematian mendadak malah akan semakin besar.

Tips

  • Hindari penggunaan bantal untuk bayi berusia di bawah 2 tahun.
  • Hindari penggunaan bantal berukuran besar dan empuk untuk dewasa, serta yang dapat mencetuskan alergi untuk bayi.
  • Awasi bayi selalu bila sedang bermain menggunakan bantal, dan jangan pernah meninggalkan bayi sendiri dengan bantal.
  • Gunakan matras bayi yang pas dengan tempat tidur, untuk menghindari wajah terjebak di sela antara kasur dan tempat tidur.
  • Jika terpaksa menggunakan bantal, gunakan bantal yang keras, tipis, dan berukuran kecil untuk bayi. Alternatif lain, pasang bantal tersebut atau selimut yang dilipat di bawah matras tempat tidur bayi.
  • Jangan gunakan sleep positioner karena dapat menyulitkan bayi untuk menolehkan kepala atau mengembalikan posisinya jika ia tengkurap.

POST REPLY

IMG-20180712-WA0011