Puber pada Anak

Saat Abang masih kecil, senang rasanya mendengar celotehannya yang lucu-lucu. Apalagi suaranya sangat imut dan menggemaskan. Sekarang abang mulai beranjak dewasa, teman-teman abang mulai kelihatan tinggi dan suaranya sudah mulai berubah. Namun, kenapa suara abang masih cempreng, ya?

Dag dig dug serr, begitu rasanya kalau anak laki-laki belum juga puber. Dalam hati timbul rasa kuatir karena si kecil tampak seperti liliput di antara teman-temannya. Belum lagi jika si abang mengurung diri di kamar karena diledek akibat suaranya masih terdengar seperti anak perempuan. Apa kira-kira penyebabnya dan bisakah diobati? Berikut penjelasannya.

Akibat jakun terlambat tumbuh

Perubahan suara pada anak laki-laki terjadi pada awal masa pubertas, bersamaan dengan tumbuhnya rambut ketiak, rambut kemaluan, penambahan tinggi badan, dan tanda-tanda seks sekunder lainnya. Suara dapat menjadi semakin berat dan bernada rendah karena kerongkongan dan pita suara mengalami penebalan. Bahkan, penebalan ini dapat terlihat dari luar, yang kita kenal dengan sebutan jakun.

Suara menunjukkan identitas seseorang. Seorang wanita ‘seharusnya’ memiliki nada suara yang tinggi, lembut dan mendayu-dayu. Sedangkan pada laki-laki, makin serak-serak basah makin bagus. Jika suara yang dimiliki anak Anda ternyata di luar kebiasaan, bukan tidak mungkin anak akan mengalami krisis identitas. Ada beberapa hal yang dapat membuat anak menjadi minder. Anak dapat diejek di sekolah, sering dikira dan dianggap sebagai anak kecil, sulit bersaing dalam olahraga dengan teman-teman yang berbadan lebih besar, dan merasa malu karena merasa dirinya telat tumbuh.

Padahal, masa pubertas setiap anak dapat berbeda-beda. Ada banyak faktor yang memengaruhinya. Mulai dari faktor keturunan, faktor hormonal, dan faktor lingkungan. Karena itu, pecahnya suara anak laki-laki juga dapat berbeda-beda. Umumnya, suara akan berubah sebelum anak mencapai usia 14 tahun. Meski demikian, rupanya ada banyak anak yang sudah mulai ketar ketir pada usia 12 tahun, saat beberapa temannya sudah mulai mengalami perubahan suara.

POST REPLY