Waspada Jika Kencing Anak Laki-laki Anda Tidak Memancar

Pada hampir semua anak laki-laki akan kencing memancar ke depan karena lubang pembuangan kencingnya berada di ujung penis. Akan tetapi pada sebagian kecil anak laki-laki, kencingnya tidak bisa memancar kedepan karena lubang kencingnya tidak terdapat di ujung penis tetapi terdapat pada batang penis bagian bawah atau bahkan di kantong pelirnya. Kelainan ini biasa disebut hypospadia. Hypospadia terjadi pada 1 anak laki-laki dari tiap 300 anak. Paparan hormon Esterogen selama kehamilan dicurigai sebagai salah satu penyebab dari timbulnya Hypospadia.

klik banner konsultasi via wa

Oleh karena itu, orang tua harus waspada ketika air kencing anak laki-lakinya tidak memancar atau anak mengeluh sulit mengarahkan kencingnya seperti teman-teman lainnya. Selain itu juga perlu dicurigai anak menderita Hypospadia jika anak mengeluh ketika ereksi penisnya bengkok ke bawah. Pembengkokan penis bisa menyebabkan gangguan pada hubungan seksual yang berakibat infertilitas pada saat anak menikah kelak.

Hal yang perlu diperhatikan pada anak yang menderita hypospadia adalah anak jangan segera dikhitan. Karena kulit preputium yang biasa dibuang saat dikhitan sangat berguna untuk mereposisi lubang kencing agar bisa di ujung penis. Tindakan merekonstruksi ulang letak lubang kencing ini sebaiknya dilakukan sebelum anak anda berusia 18 bulan.

Jadi jika anak laki-laki anda mengalami gejala yang mengarah ke hypospadia, maka anda bisa segera berkonsultasi ke dokter spesialis urologi untuk mendapatkan terapi terbaik untuk anak anda.