Apa itu Prostat ?

Prostat adalah bagian organ pembentukan sistem reproduksi laki-laki. Terletak langsung di bawah kandung kemih dan hanya di depan usus. Fungsi utamanya adalah untuk memproduksi cairan yang melindungi dan memperkaya sperma, berbentuk seperti donat mengelilingi uretra, tabung yang menyampaikan urin dari kandung kemih ke penis.

Ada empat gangguan utama prostat. Semua dapat memiliki gejala yang sama, yang mungkin mencakup satu atau lebih hal berikut:

–  Sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil
–  Kesulitan dalam buang air kecil – Aliran urin lambat dan kesulitan dalam menghentikanya
–  Ketidaknyamanan saat buang air kecil
–  Ejakulasi menyakitkan
–  Darah dalam urin atau air mani
–  Penurunan libido (dorongan seks)
–  Mengurangi kemampuan untuk mendapatkan ereksi Kebanyakan pria cenderung menerima terjadinya satu atau lebih gejala-gejala sebagai konsekuensi alami dari penuaan. Namun, siapa pun mengalami salah satu gejala di atas disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter tanpa penundaan. Diagnosis dini dan pengobatan ahli adalah penting dan dapat mencegah konsekuensi kesehatan yang serius.

Prostatitis
Prostatitis adalah kondisi jinak (tidak berbahaya) bukan kanker prostat yang disebabkan oleh peradangan (pembengkakan) prostat. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan di dalam panggul  sepanjang waktu atau saat buang air kecil atau ejakulasi. Hal ini dapat menyakitkan dan dapat menyebar ke area lain dari panggul. Jika disebabkan oleh infeksi itu dapat diobati dengan antibiotik. Pengobatan spesifik untuk setiap kasus dan beberapa jenis prostatitis bisa lebih sulit untuk diobati, terutama jika gejala telah diabaikan selama beberapa waktu.
Benign prostatic hyperplasia (BPH)
Benign prostatic hyperplasia (BPH) sangat umum pada pria yang lebih tua. Ini adalah kondisi jinak dan bukan termasuk kanker prostat. Penderita prostat biasa terjadi di kebanyakan pria dari usia 50 dan seterusnya. Jika. BPH cukup umum, meskipun tidak mengancam kehidupan, dan dapat diobati. Pengobatan BPH mungkin memerlukan antibiotik atau dalam kasus-kasus yang lebih maju dapat dioperasi untuk melebarkan bagian uretra.

Prostatodynia

Ini adalah lama berdiri atau penyakit prostat kronis. Biasanya tidak ada tanda-tanda yang jelas dari infeksi atau peradangan tapi mungkin ada rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah pinggul. Perawatan bervariasi termasuk antibiotik, agen anti-inflamasi non -steroid, relaksan otot dan kadang-kadang obat untuk nyeri kronis.
 
Kanker Prostat
Kanker prostat adalah satu-satunya dari empat gangguan yang berpotensi mengancam nyawa. Salah satu aspek yang paling mengkhawatirkan adalah bahwa banyak kanker prostat berkembang Tantpa diketahui. Setiap tahun, sekitar 18.700 orang Australia didiagnosis dan lebih dari 3.000 mati, ini membuat kanker prostat penyebab terbesar kedua kematian akibat kanker yang menyerang laki-laki, setelah kanker paru-paru. Kanker prostat terjadi ketika beberapa sel prostat mereproduksi jauh lebih cepat daripada prostat normal, menyebabkan pembengkakan atau tumor. Namun, tidak seperti BPH, sel-sel kanker prostat keluar dan menyerang bagian tubuh yang jauh, terutama tulang dan lymph node, memproduksi tumor sekunder, proses yang dikenal sebagai metastasis. Setelah kanker lolos dari prostat, pengobatan mungkin tapi “menyembuhkan” menjadi tidak mungkin. Kanker prostat biasanya salah satu kanker yang tumbuh lambat. Di masa lalu, itu yang paling sering ditemui pada pria di atas 70 tahun, dan banyak dari orang-orang meninggal karena penyebab lain sebelum kanker prostat bisa membunuh mereka. Kanker prostat pada pria muda seringkali cenderung lebih agresif dan lebih mengancam hidup dalam waktu yang lebih singkat. Jika perawatan yang tepat dan dimulai sejak kanker masih sedikit, kanker mungkin dapat hilang. Kemungkinan penyembuhan adalah alasan utama mengapa awal diagnosis sangat penting.

Translator: Hart
Sumber : wikipedia 

POST REPLY