Bolehkah Bayi Laki-laki Disunat?

Berbeda dengan sunat perempuan yang dilakukan pada usia 0-5 tahun, sunat pada laki-laki biasanya dilakukan pada usia 8-12 tahun. Bahkan tidak jarang anak-anak yang menginjak remaja baru disunat. Ini karena anak-anak menyangka sunat itu menyakitkan, dan menggunakan pisau. Sehingga sebagian anak-anak memilih disunat jika sudah menginjak remaja atau pada usia 10-12 tahun.

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :
Call Center : 021-8242-0020
Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2
Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

Padahal sunat bisa dilakukan pada bayi. Di Amerika Serikat yang penduduknya justru lebih sedikit dibandingkan penduduk muslim, sunat banyak dikerjakan pada laki-laki baru lahir. Terdapat 55% hingga 65% dari semua anak laki-laki yang baru lahir disunat di Amerika Serikat setiap tahun.

Tentu prosentase itu tergantung pada negara bagian tertentu. Biasanya negara bagian AS di sebelah utara banyak ditemukan bayi laki-laki yang disunat ketimbang bayi laki-laki yang tinggal di negara bagian belahan selatan.

Sebagian besar orangtua memiliki pertimbangan pada budaya, agama dan kesehatan. Pada budaya misalnya, orang tua ingin anak laki-lakinya seperti anak laki-laki tetangga atau anak saudaranya. Sedangkan dari segi kesehatan, mereka berpikiran mencegah datangnya penyakit lebih baik dilakukan sedini mungkin.

SUNAT BAYI

Sunat rutin pada bayi biasanya dilakukan pada 10 hari pertama kelahiran. Namun seringkali dokter melakukannya atas permintaan keluarga pada 2 hari setelah kelahiran. Tidak sedikit dari orang tua, atas kepercayaan agamanya memilih menyunat bayinya di rumah.

Jika dilakukan di rumah sakit, dokter akan memberitahu pihak keluarga mengenai prosedur dan kemungkinan risikonya. Sunat setelah bayi baru lahir akan melewati prosedur yang rumit dan bayi mau tidak mau harus dibius total.

Tetapi dalam beberapa kasus dokter bisa menunda sunat pada bayi laki-laki. Biasanya jika bayi tersebut lahir prematur. Pada bayi demikian, dokter lebih memilih menyelamatkan bayinya terlebih dahulu hingga pada keputusan bayi tadi sudah dinyatakan sehat dan boleh pulang dari rumah sakit. Selain itu, bayi yang memiliki kelainan pada penis tertentu justru tidak bisa disunat sama sekali.

Sunat pada bayi memberikan beberapa manfaat salah satunya adalah secara medis, khitan saat bayi lebih cepat sembuh dan tidak akan menimbulkan trauma pada anak.

Rumah Sunat dr. Mahdian menyediakan layanan sunat bayi yang ditangani oleh dokter profesional, menggunakan circumcision kit sekali pakai dan menggunakan metode modern klem juga sunat tanpa suntik