Khitan Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah

Sunat (khitan) dalam Islam hukumnya adalah wajib bagi laki-laki.  Dalam praktiknya, khitan tidak memiliki batasan usia. Namun, baik metode khitan yang digunakan atau cara pendekatannya setiap orang berbeda. Sebagai contoh khitan anak berkebutuhan khusus.

Menurut National Institute of Mental Health, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan yang terjadi pada otak. ADHD ditandai dengan kurangnya perhatian atau hiperaktif serta impulsif yang mengganggu fungsi dan perkembangan otak anak.

Berbeda dengan ADHD, autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang kebanyakan diakibatkan oleh faktor keturunan atau genetic dan kadang-kadang telah dapat dideteksi sejak bayi berusia 6 bulan. Penyandang autisme memiliki beberapa karakteristik, seperti:

  1. Sulit dalam berkomunikasi seperti,  berbicara dan memahami bahasa.
  2. Kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain atau objek di sekitarnya serta menghubungkan peristiwa-peristiwa yang terjadi.
  3. Sulit menerima perubahan pada rutinitas dan lingkungan yang dikenali.
  4. Memiliki pola-pola perilaku tertentu atau gerakan berulang.

Khitan Anak Berkebutuhan Khusus

Anak dengan kebutuhan khusus, perlu mendapatkan pendekatan dan penanganan berbeda dari anak lainnya, ketika akan dikhitan. Berdasarkan karakteristik anak autisme,  tidak mudah menangani saat proses khitan.  Risiko yang akan terjadi juga tinggi saat anak tidak dapat berhenti bergerak. Oleh karena itu, tindakan khitan untuk anak  berkebutuhan khusus, seperti autism membutuhkan metode atau teknik khusus.

Namun, tidak semua tempat khitan dapat menangani anak dengan kebutuhan khusus. Tenaga medis, baik dokter dan perawatnya harus memiliki pengalaman. Ada rasa khawatir bagi orangtua untuk mengkhitankan anaknya yang berkebutuhan khusus, maka tak heran tidak sedikit  orangtua yang kesulitan mencari tempat khitan yang tepat dan nyaman bagi anak mereka. Bahkan ada yang memilih untuk menunda khitan sampai dirasa baik orangtua maupun anaknya merasa siap.

Khitan di Rumah, Buat Anak Lebih Nyaman

Rumah Sunat dr. Mahdian telah berdiri sejak tahun 2006 memiliki layanan khitan untuk anak berkebutuhan khusus. Selain dapat dilakukan di klinik Rumah Sunat dr. Mahdian, khitan anak berkebutuhan khusus juga dapat dilakukan di rumah.

Layanan ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk orangtua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus dan sulit mencari tempat khitan. Didukung oleh dokter berpengalaman dalam mengkhitan anak kebutuhan khusus dan menggunakan metode khitan modern Mahdian klem yang memiliki risiko minimal.

Sebagai bentuk upaya membantu pemerintah mencegah penyebaran COVID-19, namun anak tetap dapat di rumah, layanan sunat di rumah ini dapat menjadi solusi. Selain itu, tenaga medis yang datang dilengkapi dengan alat pelindung diri. Keunggulan lainnya, yaitu lebih praktis, nyaman dan tanpa antre.