Metode Sunat Gun Stapler Kian Diminati, Aman dan Langsung Bisa Beraktivitas

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaatnya dapat dirasakan oleh berbagai bidang, salah satunya adalah dunia kesehatan. Perkembangan teknologi di dunia kesehatan ini dapat membantu mempermudah pasien dalam mendapatkan layanan kesehatan dan meningkatkan kenyamanan. Sebagai contoh, adalah sunat atau yang dalam istilah medisnya sirkumsisi ini, dulu dilakukan dengan masih menggunakan metode sunat konvensional atau menggunakan gunting atau pisau bedah, sekarang ada yang namanya sunat gun stapler.

Sunat gun stapler ini termasuk dalam metode sunat modern (selain mahdian klem) yang menggunakan perangkat dengan bentuk pistol yang terdiri dari knob, glans bell, pelatuk, dan pisau bedah. Pisau bedahnya  berbentuk melingkar dan stapler jahit. Alat ini memiliki berbagai ukuran sehingga dapat digunakan oleh anak maupun dewasa.

Gun stapler terdiri dari bagian dalam yang berfungsi untuk melindungi ujung penis, sedangkan bagian luar berfungsi untuk memotong kulup. Sementara itu, staplernya berfungsi sebagai penjahit untuk menutup luka sehabis disunat dan menghentikan perdarahan. Teknologi ini dapat menghemat waktu sunat sebanya 10-15 menit, berbeda dengan metode konvensional ataupun sunat laser yang memakan waktu cukup lama.

Metode Sunat Gun Stapler Kian Diminati

Menurut dr. Tan Zheng, Principal Trainer of Jiangxi Langhe Medical, teknologi gun stapler ini memiliki beberapa keunggulan, seperti  waktu tindakan sunat singkat, aman, pengaplikasian yang mudah, tidak ada penjahitan tradisional, risiko komplikasi pascasunat minimal, staples terjatuh secara otomatis, minim nyeri, proses penyembuhan luka lebih singkat, dan hasil yang lebih baik secara kosmetik.

Pernyataan dr. Tan Zheng pun mendapatkan persetujuan dari berbagai dokter sunat yang telah menggunakan metode sunat gun stapler ini, salah satunya adalah dr. Zaiem yang merupakan salah satu dokter sunat dari Rumah Sunat dr. Mahdian.

“Proses sunat lebih cepat dibandingkan dengan metode sunat konvensional. Hanya butuh 10-15 menit dan tanpa jahitan karena tidak ada jahitan, pasien sunat bisa merasa lebih nyaman dan pasien dapat beraktivitas lagi setelah disunat. Kalau sunat menggunakan metode laser, pendarahan bisa terjadi pada saat menjahit apabila ada pembuluh darah yang terkena,” ujarnya.

Sejak diluncurkannya gun stapler ini dan masuk ke Indonesia, Rumah Sunat dr. Mahdian sebagai pelopor sunat modern di Indonesia menggunakannya untuk pasien sunat dewasa. Hasil dari penggunaannya pun, pasien sunat dewasa dari Rumah Sunat dr. Mahdian menyatakan kepuasannya, seperti Genki, Youtuber asal Jepang dan komika Marshel.

” Akutuh kaget ternyata proses sunatnya cepat hanya 15 menit, enggak berasa. Terus aku udah bisa pakai celana dan beraktivitas,” ujar Genki.

Beberapa waktu lalu,  Rumah Sunat dr. Mahdian kedatangan  pasien sunat dewasa yang disunat dengan metode sunat gun stapler. Awalnya beberapa di antara mereka merasa takut dan ragu untuk sunat, namun setelah diberikan penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat sunat bagi kesehatan dan bagaimana prosedurnya dan metode sunat yang dugunakan, mereka pun memberanikan diri untuk melakukan sunat.

Selama proses sunat pun mereka merasa nyaman dan tidak lagi merasa tegang karena proses sunatnya yang memang cepat. Setelah sunat pun sudah bisa beraktivitas seperti biasa.