Sunat Klamp

Banyak yang beranggapan atau menyataka pendapat bahwa sunat laser atau yang biasa dikenal dengan electric cauter dapat menyebabkan impoten, sedangkan apabila sunat klamp dapat mengganggu kenikmatan seksual? Lantas metode sunat apa yang paling baik dan aman?? Berikut ini penjelasannya.

klik banner konsultasi via wa

Sunat tidak mengenal usia, dr Anwar juga menyatakan kebanyakan anak laki-laki di sunat saat kelas 4 – 6 SD. “Sunat anak sebaiknya dilakukan secepatnya, tapi tak masalah bila dilakukan saat SMP.” Nah, benarkah semakin muda usia seseorang saat di sunat, maka pertumbuhannya akan terganggu? “Tidak ada hubungannya, karena prinsip sunat itu hanya luka.” sunat bayi, lanjut Anwar, biasanya dilakukan karena mengalami infeksi kemih yang mengakibatkan kulupnya sempit atau biasa dikenal phimosis. seperti dikutip dari harian detik.com.

Berdasarkan tujuannya, khitan merupakan sebuah tindakan untuk membuang sebagian kulit bagian penis sampai batas kepalanya keluar (kulup atau preputium ). “Bahasa lain untuk sunat pun bermacam-macam, ada yang menyebut  khitan atau juga sirkumsisi ,” jelas dr. Anwar Indrasyafrudin  dari Rumah Sunatan Bintaro. Manfaat sunat sangat banyak, beberapa  di antaranya adalah untuk mencegah infeksi kemih, kanker penis, kanker serviks dari pasangannya, mencegah infeksi menular seksual, dan mencegah terinfeksi HIV sampai 30%.

Kemudian muncul pertanyaan, benarkah anak yang baru di sunat tidak boleh makan telur? “Justru, anak harus memakan makanan tinggi protein, minum vitamin. Aktivitas dan mandi juga boleh dilakukan, meski sebaiknya istirahat dulu di hari pertama.” Selain itu, hindari makanan yang membuat alergi dan perbanyak asupan makanan bergizi, ungkap dokter yang sangat ramah kepada pasien sunat.

Prinsip Sunat

Saat ini, terdapat tiga macam prinsip sunat yang biasa dilakukan. Yaitu, sunat konvensional atau manual, sunat laser, dan klamp .

  • Sunat Konvensional

Sunat ini menggunakan gunting, prosedurnya memakan waktu sekitar 30 sampai dengan 40 menit, perdarahan yang terjadi pun lebih banyak. Setelah diperban, anak tidak boleh mandi selama beberapa waktu. “Namun, proses penyembuhan jauh lebih cepat dan lebih terjangkau.”

  • Sunat Laser

Tak seperti namanya, sunat ini menggunakan elemen besi yang diberi listrik sehingga menghasilkan panas. Waktunya lebih singkat, yaitu 15 – 30 menit dan tetap dijahit serta diperban. “Sunat laser tidak menyebabkan impoten karena yang dibuang kulitnya. Tapi, jika dilakukan tidak sesuai prosedur, bisa saja bagian kepala penis terpotong.”

  • Sunat Klamp

Jenis sunat klamp ini biasanya menggunakan alat yang beragam, mulai dari smart klamp , alisklamp , dan tara klamp  yang dibedakan berdasarkan bentuk penjepit. “Cara kerjanya sama, kepala penis di dalam tabung, kulupnya dijepit, lalu baru dibuang.” Proses ini lebih singkat, yaitu sekitar 7 – 15 menit. Bila memilih prosedur ini, Anwar mengingatkan agar orangtua membuat proses anastesi lebih nyaman. “Jangan bilang mau di suntik, tapi diberikan obat biar tidak sakit.”
Oh ya, alat sunat klamp  akan menempel selama 4 – 6 hari tergantung ketebalan kulit penis. “Setelah dibukaklamp -nya, penis memang belum sembuh sempurna. Tapi, bentuknya jauh lebih rapi karena tidak dijahit atau diikat. Kalau dijahit pasti akan terbentuk jengger.”

Sunat Gemuk

Banyak yang beranggapan bahwa anak yang gemuk memiliki penis kecil. Padahal, sebenarnya lapisan lemak yang sangat tebal menyebabkan batang penisnya “tenggelam”. “Tapi, jika mengalami mikro penis, wajib dilakukan terapi hormon dan periksa ke ahli androlog,” saran Anwar. Biasanya, jika anak tersebut tetap ingin di sunat, kepalanya tetap tidak keluar. “Bahayanya, kulupnya terkunci dan harus di sunat lagi. Anak yang mengalami kegemukan tidak dapat menjalani sunat klamp. Maka, sunat gemuk harus dilakukan dokter spesialis bedah secara konvensional dan biasanya memakan waktu sampai 1 jam dengan biaya dua kali lipat.”

Ingin menjalani sunat yang normal? Sebaiknya anak yang gemuk menunda sunat sembari melakukan diet. “Disarankan jangan makan lagi setelah jam 18.00 – 19.00. Hindari junk food  dan perbanyak makan buah.” Atau, tunggu hingga masa puber dan hormon terbentuk sendiri serta penis membesar.

Pilihan lainnya, melakukan terapi hormon. Meski berbiaya mahal serta memakan waktu hingga 1 bulan, “Kelebihannya, penis akan bertambah besar apalagi setelah puber dan efek samping pun aman asalkan dipantau. Dan, meski belum sempat terjadi, waspadai efek jangka panjang yang bisa mengganggu pertumbuhan, mempercepat pubertas lebih cepat, gangguan psikis,” pungkas Anwar.

Namun untuk Anda sebagai orangtua yang memiliki anak gemuk, jangan khawatir karena di Rumah Sunatan sebagai klinik sunat modern kini dapat dilakukan sunat gemuk tanpa harus melakukan diet yang cukup lama atau melakukan terapi hormon dengan resiko yang sangat besar. Sunat gemuk ini dilakukan oleh dr Spesialis Bedah, dr Mahdiannur Sp. Bs yaitu owner dari Rumah Sunatan sendiri. Dengan menggunakan teknik sunat yang khusus, beliau menyatakan kalau hasil sunat tidak akan menyebabkan kepala penis anak tenggelam dan berisiko untuk dilakukan sunat lagi.

Plus Minus Sunat Klamp

Kelebihan:

  1. Aman sebab kepala penis ada di dalam tabung.
  2. Nyaman sebab bisa beraktivitas seperti biasa, mandi, bahkan berenang setelah prosedur sunat.
  3. Secara estetik akan lebih rapi.
  4. Resiko lebih kecil dibandingkan apabila sunat dengan metode laser atau cauter.
  5. Perawatan pasca sunat juga relatif  lebih mudah.

Kekurangan:

  1. Selama alat masih terpasang, proses penyembuhan belum terjadi. “Proses penyembuhan baru berjalan setelah tabung dibuka. Proses adaptasi juga kadang terasa ngilu,” urai Anwar.
  2. Biaya jauh lebih mahal karena alatnya dibeli dari luar negeri.