TEKNIK ANESTESI TEPAT, PASIEN SUNAT DEWASA PUAS

JAKARTA– Tidak sedikit pria dewasa yang merasa takut dan khawatir ketika ingin melakukan sunat. Ketakutan tersebut didasari oleh rasa nyeri ketika tindakan sunat berlangsung. Oleh karena itu, sebagian pria dewasa masih ragu untuk melakukan sunat meskipun telah mengetahui manfaat kesehatan dari sunat.

Namun, sebenarnya pasien khitan pria dewasa tidak perlu merasa takut ataupun khawatir. Sebelum melakukan tindakan sunat, pasien tentunya akan diberikan anestesi (bius) terlebih dahulu. Pembiusan ini akan membuat pasien sunat merasa tenang ketika tindakan sunat berlangsung, meminimalkan atau menghilangkan rasa nyeri, bahkan membuat pasien merasa mengantuk dan tertidur sehingga pasien tidak sadar saat tindakan sunat berlangsung. Pembiusan ini dapat membantu pasien yang kerap takut dengan proses khitan.

“Pada dewasa, mereka takut sama rasa sakit. Karena itu teknik anestesinya harus tepat. Kalau sudah tepat, pasien sunat dewasa ini bisa nyaman banget, senang, puas juga,” ujar dr. Mahdian Nur Nasution SpBs, dalam seminar Safety Technique for Adult male circumcision di RS Meilia, Cibubur (11/4).

Menurut dr. Mahdian Nur Nasution SpBS, terdapat dua teknik anestesi yang harus dilakukan sebelum melakukan tindakan sunat, yaitu anestesi infiltrasi dan anestesi block. Anestesi infiltrasi adalah anestesi yang bertujuan untuk menimbulkan anestesi ujung saraf melalui injeksi pada atau sekitar jaringan yang akan dianestesi sehingga mengakibatkan hilangnya rasa dikulit dan jaringan yang terletak lebih dalam. Anestesi block atau penile block technique dikatakan lebih baik dari anestesi infiltrasi karena lebih tidak sakit.

TENTANG RUMAH SUNAT DR. MAHDIAN

Rumah Sunat dr. Mahdian adalah Circumcision Centre atau Pusat Pelayanan Khitan untuk segala usia, mulai dari usia bayi, anak-anak, remaja hingga dewasa. Dengan jaringan Klinik terbesar di seluruh wilayah Indonesia. Menyediakan layanan khitan konvensional maupun modern dengan tenaga medis yang handal.

Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki unit pelayanan khusus seperti Sunat Perempuan, Sunat Gemuk, Sunat Dewasa, dan Sunat Premium. Rumah Sunat dr. Mahdian pertama kali didirikan oleh dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS pada tahun 2006.

Dengan ketekunan dan komitmen untuk memberikan pelayanan memuaskan bagi pasien dan keluarga, saat ini Klinik Rumah Sunat dr. Mahdian telah memiliki 47 cabang di seluruh Indonesia. Penerapan inovasi baru di bidang sunat, seperti metode “clamp” dan sunat tanpa suntik (needle-free injection), menjadi bagian peningkatan kualitas layanan Klinik Rumah Sunat dr. Mahdian.