Efek Negatif Cafein Bagi Tubuh

Cafein sudah bukan hal asing lagi dalam kehidupan sehari-hari manusia. Cafein tersebut telah ada di mana-mana, mulai dari minuman teh, kopi, obat, bahkan sampai pada produk makanan dan minuman dalam kemasan. Cafein memiliki efek positif seperti memberikan suntikan energi dan membuat Anda tidak mudah mengantuk dan lelah, namun cafein juga ternyata dapat memberikan efek buruk pada tubuh manusia. Ketika dikonsumsi dengan takaran yang tidak tepat, apalagi berlebihan, cafein bisa menyebabkan efek kerusakan pada kesehatan dan tubuh. Berikut ini adalah beberapa efek negatif yang bisa dilakukan cafein pada tubuh Anda, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Kecanduan
Efek negatif yang buruk dari cafein adalah membuat Anda kecanduan. Cafein sama dengan obat yang akan membuat Anda kecanduan dan tergantung padanya. Itulah kenapa terkadang orang yang sudah kecanduan kopi tak akan bisa meninggalkan kopi dalam sehari. Anda akan merasa efek negatif pada tubuh seperti sakit kepala, gelisah, dan lainnya ketika tak mengonsumsi kopi, setelah kecanduan.

2. Alergi
Sistem kekebalan tubuh manusia didesain untuk bisa menerima cafein dalam jumlah terbatas setiap hari. Namun beberapa orang memiliki alergi dan sangat sensitif terhadap cafein. Bagi mereka, cafein adalah hal terlarang. Biasanya alergi kafein terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi, sistem pencernaan yang tidak sehat, mengalami luka lambung, atau pasien penyakit jantung. Jika Anda mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi cafein, bisa jadi itu pertanda alergi dan Anda harus segera menghindarinya.

3. Risiko berkaitan kehamilan
Wanita yang sedang hamil harus lebih berhati-hati sebelum mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung cafein. Cafein tidak hanya buruk untuk tubuh ibu, melainkan juga untuk janin mereka. Cafein diketahui bisa meningkatkan risiko komplikasi yang terkait dengan kehamilan. Cafein bisa sampai pada janin dengan cepat setelah melewati plasenta. Mengonsumsi cafein dengan takaran tidak benar saat hamil bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur atau masalah metabolisme pada bayi yang belum lahir. Cafein juga bisa masuk dalam sistem tubuh janin, meningkatkan kadar racun, dan menyebabkan keguguran.

4. Efek samping
Mengonsumsi cafein berlebihan seperti minum sekitar empat sampai lima cangkir kopi akan memberikan efek samping yang buruk seperti peningkatan detak jantung, merasa grogi dan gelisah, otot bergetar, dan insomnia. Jika ini diteruskan akan menyebabkan rasa lemah dan lelah. Cafein juga bisa menyebabkan masalah pencernaan, kecemasan, dan gelisah. Tak hanya berimbas pada fisik, kafein juga menyebabkan efek samping dalam hal psikologis.

Itulah beberapa efek buruk cafein yang bisa terjadi pada tubuh. Anda boleh mengkonsumsi cafein karena memang ada manfaatnya. Namun sebaiknya perhatikan takaran cafein yang dikonsumsi agar tak berbalik memberikan efek negatif pada tubuh.

POST REPLY