Hari Kesehatan Nasional

Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November ini memiliki tema berbeda setiap tahunnya. Namun, tentu saja dengan tujuan yang sama, yaitu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia sekaligus pemahaman mereka akan pentingnya hidup sehat.

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :

Call Center : 021-8242-0020

Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2

Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

Tema Hari Kesehatan Nasional tahun 2018 hampir sama dengan tema HKN 2011, yaitu “Aku Cinta Sehat”, sedangkan pada tahun 2011 lalu adalah, “Indonesia Cinta Sehat.” Sedangkan subtema HKN 2018 adalah,“Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”. Tema HKN 2018 sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Sejarah Hari Kesehatan Nasional

Berawal dari pada era tahun 50-an, penyakit malaria merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat indonesia. Ratusan ribu jiwa terenggut akibat malaria Karena itulah, pemerintah berupaya melakukan pemberantasan malaria di seluruh penjuru Tanah Air.

Guna mencapai hal tersebut, tahun 1959 dibentuklah Dinas Pembasmian Malaria yang pada bulan Januari 1963 berubah namanya menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM). Pembasmian malaria dilakukan dengan menggunakan insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT) yang disemprotkan secara massal ke rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali, dan Lampung. Penyemprotan secara simbolis dilakukan oleh presiden Soekarno pada tanggal 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta. Selanjutnya, kegiatan penyemprotan DDT juga dibarengi dengan kegiatan pendidikan kesehatan atau penyuluhan kepada masyarakat.

Kanker Penis

kanker-penis

Kanker sampai saat ini masih menjadi penyakit yang paling banyak ditakuti karena bisa saja menyebabkan kematian. Kanker dapat menyerang siapa saja tanpa membedakan usia, ras ataupun jenis kelamin. Dilansir dari World Cancer Research Fund International (WCRF), sekitar 14,1 juta kasus penyakit kanker terjadi di dunia.

Pada tahun 2012, ada 7,4 juta kasus kanker yang terjadi pada pria. Salah satu jenis kanker yang sangat ditakuti oleh pria adalah kanker penis. Kanker ini sendiri tergolong dalam penyakit kanker ganas dan langka. Faktanya, pada tahun 2014 di Inggris sebanyak 130 kaum pria meninggal karena penyakit tersebut.

Tidak perlu khawatir terinfeksi penyakit ini, jika gaya hidup yang dijalani sehat. Selain itu, sunat juga dapat mencegah kanker penis. Mengapa?karena  kanker penis terletak pada kulup yang berada di alat vital pria itu. Kulup penis pada pria yang tidak disunat akan sulit dibersihkan, sehingga bisa menyebabkan peradangan yang menjadi penyebab umum kanker.