Hikmah dan Manfaat Sunat Perempuan - Rumah Sunat dr. Mahdian Hikmah dan Manfaat Sunat Perempuan - Rumah Sunat dr. Mahdian

Hikmah dan Manfaat Sunat Perempuan

Khitan umumnya dilakukan untuk kaum adam. Masayarakat Indonesia, biasanya melakukan khitan pada anak diusia masih sekolah dasar. Dalam hukum islam, khitan itu wajib untuk menyempurnakan kesehatan kelamin pada anak.

klik banner konsultasi via wa

Khitan perempuan sudah menjadi perbincangan hangat sejak beberapa tahun lalu. Khitan perempuan sudah akrab dikenal dikalangan aktivis perempuan. Banyak media yang menyiarkan tentang pro-kontra dari khitan perempuan karena dari berbagai aspek.

Bagi kalangan yang pro terhadap khitan perempuan yang masih dilaksanakan, mereka setuju dengan khitan anak perempuan merupakan syariat dan bagian ajaran dari agama Islam. Yang membedakan pendapat mereka dari segi sunah, wajib, hukum, atau makrumahnya (dianjurkan).

Sedangkan, bagi kontra mengatakan pendapat hal yang sebaliknya. Bahwa, khitan pada anak perempuan merupakan bukan bagian dari ajaran agama Islam, dan itu hanya sebuah tradisi yang mendatangkan mudharat dan melanggar hak asasi manusia (HAM) bagi si anak perempuan.

Di dalam kalangan aktivis perempuan yang menganut paham liberal mengatakan, khitan pada anak perempuan merupakan sebuah pelanggaran terhadap perempuan, yang merusak alat reproduksi, an bertindak diskriminasi terhadap perempuan.

Khitan Perempuan Dalam Pandangan Medis

Benarkah khitan pada perempuan tidak memiliki manfaat? Hal ini tentu saja tidak benar. Mengapa? Karena untuk menjaga, memelihara kemulian dan kehormatan bagi perempuan, kita wajib mengikuti ajaran agama Islam.

Bagaimana caranya? Dengan cara tidak berlebihan saat mengkhitan perempuan. Memotong sedikit bagian kulit colum atau selaput kulit colum yang menutupi kulit klitoris, agar memberikan kepuasan saat melakukan seks.

Bagaimana dengan perempuan yang tidak dikhitan?

Perempuan yang tidak dikhitan akan menimbulkan berbagai penyakit bagi si suami atau pasangannya ketika bersetubuh. Karena perempuan yang tidak dikhitan dibagian kelentitnya mengeluarkan  smegma yang berbau busuk yang dapat merangsang timbulnya kanker pada zakar lelaki dan juga dapat menimbulkan kanker pada leher rahim wanita. Karena di dalamnya terdapat hama dan virus yang dapat menyebarkan kanker.

Hikmah Khitan Bagi Perempuan

  • Dapat menstabilkan nafsu bagi laki-laki dan perempuan yang di khitan
  • Mencegah timbulnya aroma tidak sedap yang berasal dari bawah qulf (yang menutupi penis dan colum yang menutupi klitoris)
  • Mencegah infeksi dan saluran kencing
  • Mencegah infeksi pada vagina

Manfaat Khitan Ditinjau dari Syariah

  • Mengikuti syari’ah Allah dan sunah Nabi Saw
  • Suci
  • Memerangi kebiasaaan adat yang tidak sesuai dengan syari’at
  • Meninggikan syi’ar ibadah bukan adat istiadat
  • Memelihara aspek sosial dan kejiwaan yang timbul akibat meninggalkan khitan

Itulah berbagai macam manfaat sunat bagi wanita yang dikutip dari berbagai sumber.