Ini Dia Makanan Laut Sehat

Suka makanan laut? Beruntunglah Anda yang menyenangi makanan laut terutama ikan, karena memiliki manfaat nutrisi yang tinggi bagi tubuh. Ikan laut yang tepat dapat memberikan asupan protein yang sehat, seperti yang terkandung dalam ikan salmon, tuna dan sarden. Jenis ikan-ikan tersebut merupakan ikan yang mengandung lemak omega-3 yang menyehatkan bagi tubuh, terutama jantung dan otak. 
Meski demikian, bahaya adanya kandungan logam merkuri dalam daging ikan juga mengintai jenis makanan yang mengandung lemak sehat ini, begitu pula dengan jenis makanan laut lainnya. Tapi, bukan berarti Anda lantas berhenti mengonsumsi makanan laut seluruhnya, karena manfaat kesehatan di dalamnya terlalu penting bagi tubuh untuk dilewatkan begitu saja. Karena itulah, berikut ini beberapa jenis makanan laut yang paling aman dan menyehatkan untuk dikonsumsi. Berikut makanan laut sehat sesuai penukasan Meet Doctor:
1.Ikan tuna albacore
Kebanyakan daging ikan tuna mengandung kadar merkuri yang cukup tinggi, namun tidak dengan jenis ikan tuna putih yang biasanya dapat diperoleh dalam bentuk kalengan ini. Jenis ikan tuna ini memiliki ukuran lebih kecil (lebih ringan dari 20 pon) dan tuna yang ditangkap di air dingin wilayah utara juga cenderung memiliki kandungan omega-3 yang lebih tinggi.
2.Ikan salmon liar
Ikan salmon, terutama jenis ikan salmon Alaska merupakan jenis ikan salmon yang tidak diternakkan, merupakan jenis ikan salmon yang terbersih dari merkuri. Di dalam jenis ikan salmon yang demikian, terdapat kandungan omega-3 sebanyak 1,210 mg dalam setiap 3 ons sajiannya.  
3.Kerang 
Kerang atau oysters yang berasal dari peternakan merupakan jenis makanan laut yang baik bagi tubuh. Di dalam 3 ons sajiannya, terdapat kandungan omega-3 sebanyak 300 mg, dan kandungan zat besinya sudah memenuhi sepertiga dari kadar asupan harian zat besi. Selain itu, jenis kerang ini punya kontribusi yang baik bagi lingkungan karena hanya memakan nutrisi alami dan ganggang di air yang bermanfaat baik bagi air. Meski demikian, jenis kerang ini sebaiknya tidak dikonsumsi dalam kondisi mentah karena dapat mengandung bakteri pembawa penyakit.
4.Ikan sarden
Jenis ikan sarden liar asal Samudera Pasifik termasuk ke dalam jenis makanan super yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, ikan dengan ukuran kecil ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin. Di dalamnya, terdapat 1,950 mg omega-3 dalam setiap 3 ons ikannya, kadar omega-3 yang bahkan lebih dari yang terkandung di dalam ikan salmon, ikan tuna maupun makanan lainnya. Selain itu, secara 
alami ikan sarden juga mengandung kadar vitamin D yang tinggi. Ikan sarden merupakan anggota dari spesies ikan herring yang sangat cepat berkembang biak.
5.Ikan trout pelangi
Ikan trout yang tidak berasal dari danau air asin merupakan jenis ikan trout yang baik untuk dikonsumsi. Jenis ikan trout yang diternakkan di dalam kolam air tawar memiliki kadar nutrisi yang lebih baik dan lebih aman dari polusi di laut karena hanya mengonsumsi makanan khusus ikan.
6.Jenis ikan salmon air tawar
Jenis ikan salmon ini tentulah ikan yang dipelihara di dalam peternakan dan pengembangbiakan tangki. Jenis ikan ini dikenal pula dengan sebutan ikan salmon Coho. Jenis ikan salmon ini terpapar polusi yang lebih sedikit, bahkan lebih sedikit dari ikan salmon Alaska. Di dalamnya, terdapat kandungan sehat omega-3 
sebanyak 1,025 miligram dalam setiap 3 ons.

POST REPLY