Metode Sunat Pria Dewasa

Di jaringan Klinik Rumah Sunatan, terdapat 2 metode sunat yang sering digunakan pada pria dewasa, yaitu metode klamp dan metode laser (electric cauter – EC). Namun, kebanyakan metode yang digunakan adalah EC.

people-1834717_1280Untuk menjalani prosedur sunat dewasa, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan, diantaranya; mempersiapkan mental agar tidak gelisah, melakukan pemeriksaan gula darah dan pembekuan darah melalui pemeriksaan di laboratorium, serta mencukur rambut yang tumbuh di sekitar penis untuk mengurangi terjadinya infeksi. Umumnya proses sunat pada dewasa akan memakan waktu selama 30-45 menit.

Pria dewasa umumnya enggan disunat karena malu dan merasa sudah terlalu tua untuk disunat. Selain itu, orang dewasa dapat merasa kuatir, baik karena membayangkan prosedur yang menakutkan dan menyakitkan serta kuatir tindakan sunat dapat memengaruhi kehidupan seksualnya. Meski hal tersebut terbantahkan dalam studi yang dilakukan di Turki pada 2004 lalu. Studi tersebut menunjukkan fungsi seksual sebelum dan sesudah sunat pada orang dewasa tidak berubah. Bahkan, setelah sunat waktu yang diperlukan untuk mencapai ejakulasi semakin panjang.

Saat ini tren pria dewasa melakukan sunat meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini diduga karena meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat akan manfaat sunat.

Perlu diingat, sunat pada pria dewasa harus dilakukan oleh tenaga profesional. Sebab, meski tindakan sunat pada pria dewasa sama saja dengan sunat anak-anak, tapi pada pelaksanaannya tidak semudah pada anak-anak. Mengingat ada beberapa kesulitan pada sunat dewasa sehingga membutuhkan keahlian dan perhatian khusus.

Secara fisik penis pria dewasa memiliki karakterisik yang berbeda dengan anak-anak dan lebih berisiko mengalami perdarahan. Karakteristik kulup atau kulit yang menutupi kepala penis yang hendak dibuang pada anak dan dewasa juga berbeda sehingga memerlukan penanganan khusus. Hal tersebut karena tingkat elastisitas kulit penis pada anak lebih tinggi dibandingkan dewasa. Alhasil, proes penyembuhann pada orang dewasa lebih lama dibandingkan dengan anak-anak.

Kesalahan saat menyunat dapat menimbulkan komplikasi seperti perdarahan, infeksi, kosmetik yang kurang baik, hingga penis terasa nyeri bila ereksi karena kulit yang dibuang terlalu banyak. Untuk itu, sunat dewasa mutlak dilakukan oleh dokter yang cakap dan berpengalaman pada kondisi streril.

Pendekatan emosional terhadap pasien sangat penting dilakukan agar pasien merasa nyaman dan lebih terbuka kepada dokter. Orang dewasa yang hendak disunat perlu diberikan kesempatan untuk berkonsultasi lebih jauh mengenai prosedur tindakan. Ruangan sunat yang terpisah antara orang dewasa dan anak seperti yang dimiliki Rumah Sunatan terbukti mengurangi rasa malu pria dewasa.

POST REPLY

WhatsApp Image 2018-12-24 at 15.31.43