Sejarah Hari Kesehatan Dunia - Rumah Sunat dr. Mahdian Sejarah Hari Kesehatan Dunia - Rumah Sunat dr. Mahdian

Sejarah Hari Kesehatan Dunia

Hari Kesehatan Dunia atau World Health Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 7 April. Pada tanggal tersebut  bertepatan dengan  pendirian Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Pembentukan WHO oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 7 April 1948 memiliki tugas untuk mengatasi kesehatan masyarakat Internasional.

Hari Kesehatan Dunia 2021

WHO kemudian mengadakan Majelis Kesehatan Dunia untuk pertama kalinya. Sebagai hasilnya, setiap 7 April di peringati sebagai Hari Kesehatan Dunia yang di rayakan untuk pertama kalinya tahun 1950.

Peringatan World Health Day bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia pada masalah kesehatan. Setiap tahunnya, WHO memberikan tema yang berbeda untuk perayaan tersebut. Pada tahun 2021, WHO mengangkat tema “Building a Fairer, Healthier World”. Membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat.

Tema tersebut menjadi himbauan kepada para pemimpin untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki kondisi hidup dan kerja yang kondusif untuk kesehatan yang baik. Pada saat yang sama, WHO mendesak para pemimpin untuk memantau ketidakadilan kesehatan dan untuk memastikan bahwa semua orang dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas kapan dan di mana mereka membutuhkannya. 

Terlebih lagi seperti saat ini, COVID-19 telah melanda semua negara dengan sangat parah.  Dampak paling parah cenderung  terjadi pada negara yang tidak memiliki akses ke layanan perawatan kesehatan yang berkualitas dan memadai. Dalam peringatan World Health Day tahun ini, WHO berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap orang, di mana pun, dapat mewujudkan hak atas kesehatan yang baik.

Mayarakat Juga Perlu Menjaga Kesehatan Diri

Pemerintah bertugas untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan, sementara masyarakat juga perlu menjaga kesehatannya. Agar kesehatan tubuh dapat tetap terjaga ada berbagai cara yang dapat di lakukan. Meski begitu, Anda perlu konsisten untuk menerapkannya.

  1. Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Anda dapat memperolehnya melalui sayuran, buah-buahan, biji-bijian, daging tanpa lemak, aneka jenis ikan laut, produk olahan susu, dan telur.
  2. Rutin berolahraga, Olahraga sudah terbukti membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Untuk mendapatkan manfaatnya, di sarankan untuk berolahraga selama 20-30 menit setiap harinya.
  3. Menjaga berat badan tetap ideal, kelebihan berat badan dapat memicu risiko berbagai penyakit. Penyakit yang mungkin, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Penyakit-penyakit tersebut sangat  rentan  pada penderita obesitas atau kelebihan berat badan, oleh sebab itu sangat penting untuk selalu menjaga berat badan tetap ideal.
  4. Berhenti merokok, bahaya merokok ditimbulkan akibat kandungan yang terdapat dalam rokok, seperti nikotin, karbon monoksida, tar, dan benzena. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit paru-paru, jantung,  stroke, kanker dan penyakit lainnya.
  5. Sirkumsisi atau sunat, merupakan tindakan medis yang dilakukan dengan menghilangkan kulit yang menutupi kepala penis (kulup). Manfaat sunat bagi kesehatan sudah terbukti, khususnya pada laki-laki, seperti mengurangi risiko fimosis, parafimosis, balanitis, kanker penis, kanker prostat, HIV/AIDS. Sementara pada pasangan perempuannya dapat membantu mengurangi risiko kanker serviks.

Baca juga: Manfaat Sunat Dari Sisi Medis

Tema Kesehatan Oleh WHO

Berikut adalah tema yang di angkat setiap tahunnya oleh WHO untuk perayaan setiap tanggal 7 April:

  • 2010: Urbanization and Health: Make Cities Healthier
  • 2011: Antimicrobial Resistance: No Action Today, No Cure Tomorrow
  • 2012: Good Health Adds Life to Years
  • 2013: Healthy Heart Beat, Healthy Blood Pressure
  • 2014: Vector-borne Diseases: Small Bite, Big Threat
  • 2015: From Farm to Plate: Food Safety
  • 2016: Together on the Front Lines Against Diabetes
  • 2017: Depression: Let’s Talk
  • 2018: Universal Health Coverage: Everyone, Everywhere
  • 2019: Health For All : Everyone, Everywhere
  • 2020: Support Nurses and Midwives
  • 2021 : Building a Fairer, Healthier World

baca juga: Hari Kesehatan Dunia, Tingkatkan Kesehatan Dengan Sunat