SUNAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Dalam Islam, sirkumsisi atau khitan (sunat) bagi laki-laki hukumnya adalah wajib. Sunat adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis. Biasanya, sunat dilakukan mulai dari bayi hingga remaja. Dalam praktiknya, tidak semua anak yang disunat menggunakan metode atau teknik yang sama, bergantung pada kondisi dari sang anak. Salah satunya adalah sunat anak berkebutuhan khusus.

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :
Call Center : 021-8242-0020
Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2
Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

Ada kekhawatiran tersendiri bagi orangtua anak berkebutuhan khusus untuk melakukan sunat. Tidak jarang para orangtua kesulitan mencari tempat sunat yang dapat menangani anak mereka sehingga terpaksa harus menunda sunat. Kekhawatiran utama mereka adalah anak tidak bisa tenang ketika proses sunat ataupun ketika melakukan perawatan, khususnya bagi anak penyandang ADHD dan autisme.

Apa sih ADHD dan Autisme?

Dilansir dari National Institute of Mental Health, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan yang terjadi pada otak. ADHD ditandai dengan kurangnya perhatian atau hiperaktif serta impulsif yang mengganggu fungsi dan perkembangan otak anak. Seringkali, ADHD dianggap sama dengan autisme padahal keduanya merupakan kondisi yang berbeda.

Berbeda dengan ADHD, autisme adalah gangguan perkembangan otak yang dapat memengaruhi kemampuan dalam berkomunikasi, perilaku, kemampuan belajar, dan berinteraksi dengan orang lain.

Anak dengan kebutuhan khusus, perlu mendapatkan perhatian dan penanganan ekstra berbeda dengan anak normal lainnya, terutama ketika akan melakukan sunat. Namun, sayangnya tidak semua klinik sunat dapat menangani anak dengan kebutuhan khusus. Tenaga medis yang melakukan pun harus memiliki pengalaman menangani anak berkebutuhan khusus.

Sunat Premium, Cocok untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Meskipun ada beberapa klinik sunat yang tidak dapat menangani anak berkebutuhan khusus, bukan berarti tidak ada sama sekali. Rumah Sunat dr. Mahdian merupakan pusat pelayanan khitan anak dan dewasa yang memiliki layanan sunat anak berkebutuhan khusus.

Layanan ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk orangtua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus dan sulit mencari tempat sunat. Didukung dengan dokter yang berpengalaman dalam menyunat anak kebutuhan khusus dan menggunakan metode sunat modern yang memiliki risiko komplikasi minimal. Selain itu, sebelum melakukan sunat, anak akan dibius terlebih dahulu dengan menggunakan comfort in, sebagai pengganti jarum suntik. Perhatian anak juga akan dialihkan dengan bermain games melalui iPad.

Bagi orangtua yang tidak ingin mengantre dan anaknya ditangani secara khusus, dapat menggunakan layanan sunat premium. Layanan Sunat Premium ini cocok untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. Penanganan dilakukan oleh dokter bedah yang ahli dalam bidangnya.