Banyak Menjadi Pilihan, Ini Lokasi Rumah Sunatan Bekasi

Rumah sunatan Bekasi menjadi tujuan orang tua untuk mengkhitankan anak mereka. Khitan atau sunat adalah tradisi yang melekat pada masyarakat Indonesia. Rumah sunatan Bekasi hadir lebih dekat menjawab kebutuhan masyarakat akan tindakan medis sunat. Secara sederhana sunat adalah memotong kulit kulup penis. Sunat menjadi tradisi yang banyak orang lakukan karena alasan budaya hingga karena anjuran ajaran agama tertentu. Walaupun dari segi medis tidak ada kewajiban untuk seorang laki-laki menjalankan sunat. Namun, sudah banyak penelitian yang menyebutkan jika tindakan sunat membawa dampak yang positif dari segi kesehatan untuk anak yang menjalankan.

Tindakan sunat dari segi medis

Sunat anakSunat adalah prosedur atau tindakan medis dengan mengangkat kulup atau jaringan yang menutupi kepala penis. Umumnya untuk umat Islam, banyak orang tua memilih melakukan sunat setelah 1 hingga 2 hari setelah lahir. Selain itu orang tua juga banyak mengantarkan anak laki-laki mereka menjalani tindakan sunat saat sudah menginjak usia sekolah. Tapi tidak sedikit juga anak yang baru menjalani tindakan sunat saat mereka dewasa. Biasanya mereka yang menjalani tindakan sunat saat dewasa karena anjuran dokter dan juga alasan kesehatan.

Melansir WebMD (2021), menurut AAP atau American Academy of Pediatrics mengungkapkan jika seorang pria yang menjalani tindakan sunat cenderung memiliki kualitas kesehatan yang baik dari pada yang tidak menjalani. Selain itu, penis pada pria yang tidak menjalani sunat cenderung lebih kotor karena menjadi tempat perkembangan bakteri. Hal ini karena kulit bagian kulup pada penis menjadi tempat berkumpulnya kotoran yang menyebabkan penyakit. Jika hal ini terus terjadi maka bisa menimbulkan infeksi dan mempengaruhi reproduksi pria.

Karena sunat bukan tindakan wajib dalam segi medis. Maka untuk pria yang tidak menjalani tindakan sunat maka perlu benar-benar menjaga kebersihan penisnya. Saat menarik kulup penis, pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel pada bagian dalam kulup penis. Hal ini bisa menimbulkan iritasi pada bagian kulit kepala bagian penis. Biarpun tidak ada kewajiban bagi seorang laki-laki menjalani tindakan medis sunat. Namun, banyak tenaga medis dan dokter yang merekomendasikan tindakan sunat pada laki-laki terlepas dari ajaran agama maupun tradisi melihat manfaat baik dari tindakan tersebut.

Manfaat tindakan sunat untuk kesehatan 

Sunat memiliki manfaat yang cukup banyak dari segi kesehatan untuk laki-laki yang menjalaninya. Hal ini karena setelah tindakan sunat, seorang pria bisa lebih mudah menjaga kebersihan penisnya. Melansir Mayo Clinic (2021), berikut beberapa manfaat sunat untuk kesehatan:

  1. Menurunkan risiko infeksi saluran kemih

Meskipun penyakit infeksi saluran kemih pada laki-laki jarang terjadi. Namun pada banyak kasus, laki-laki yang mengalami penyakit ini adalah mereka yang tidak melakukan tindakan sunat. Karena hal inilah sunat bermanfaat untuk menghindari risiko penyakit infeksi saluran kemih.

  1. Menurunkan risiko penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual bisa terjadi pada seorang laki-laki yang tidak menjalani tindakan sunat. Hal ini karena infeksi menular seksual herpes, HPV, sipilis hingga HIV/ AIDS banyak terjadi pada pria yang tidak menjalani sunat.

  1. Melindungi dari risiko terjadinya penyakit kanker penis

Walaupun penyakit kanker penis masih jarang terjadi. Namun pria yang menjalani tindakan sunat bisa lebih aman dari penyakit ini. Selain itu pria yang menjalani tindakan sunat juga bisa menghindari penyakit kanker serviks pada pasangan wanita mereka.

  1. Mencegah penyakit balanitis

Penyakit balanitis adalah kondisi kepala penis yang sakit dan bengkak serta penyakit radang pada kepala penis. Kondisi ini banyak terjadi pada pria yang tidak menjalani tindakan sunat.

  1. Mencegah penyakit penis lain

Melansir Healthline (2021), tiga persen anak laki-laki yang tidak menjalani tindakan sunat saat kecil, memilih untuk melakukan tindakan sunat saat dewasa karena alasan kesehatan. Hal ini karena sunat saat dewasa bisa menghindarinya dari penyakit fimosis dan juga penyakit pada penis lain yang mungkin terjadi.

Konsultasi Dokter di Rumah Sunatan Bekasi

Dalam sebuah studi JAMA Pediatrics menyebutkan jika seorang bayi berumur kurang dari 1 tahun yang menjalani tindakan sunat hanya memiliki risiko sebesar 0,5% kegagalan. Pada dasarnya laki-laki yang menjalani tindakan sunat masih kecil memiliki risiko atau efek samping yang lebih kecil. Karena hal inilah banyak dokter menganjurkan untuk laki-laki menjalani tindakan sunat saat masih balita.

Namun sebaiknya orang tua melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengantarkan anaknya untuk melakukan tindakan sunat. Rumah sunatan Bekasi di Klinik Rumah Sunat dr Mahdian adalah tempat yang banyak orang tua pilih untuk berkonsultasi dan mengantarkan anak mereka menjalani tindakan sunat.

Rumah Sunatan Bekasi yang kini menjadi Rumah Sunat dr. Mahdian terdapat di 3 lokasi, yaitu di Jl. Raya Jatiasih No. 7 Jatiasih – Bekasi, Jl. Agus Salim No. 50F Rt. 02/06 Bekasi Jaya, Bekasi Timur dan Jl. Ir. H. Juanda No. 170, Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Ternyata, Metode Klamp Minim Rasa Nyeri!