BIAYA SUNAT ANAK 2019

Momen liburan sekolah sering kali dimanfaatkan orangtua untuk menyunat anaknya dengan alasan agar sekolahnya tidak terganggu dan dapat berisitirahat agar proses penyembuhan lebih cepat. Namun, biasanya jauh-jauh hari orangtua akan melakukan survei terlebih dahulu tentang tempat sunat, metode sunat yang digunakan dan tidak ketinggalan biaya sunat.


LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :
Call Center : 021-8242-0020
Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2
Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline´╗┐

Saat ini, seiring kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, metode sunat mengalami perkembangan, yang tadinya masih menggunakan alat tradisional seperti bambu, lalu ke pisau bedah dan sekarang terdapat beberapa metode modern seperti klem dan stapler. Perkembangan metode sunat dapat memberikan kemudahan baik bagi praktisi sunat ataupun pasien sunat.

Banyak tempat sunat yang menawarkan layanan sunat anak dengan metode modern. Namun, tidak semuanya dapat memberikan kenyamanan bagi anak. Pilihlah, tempat sunat yang memiliki nuansa ramah anak, menciptakan perasaan bahwa anak tidak berada di tempat sunat, melainkan seperti di rumah atau tempat bermain. Salah satu tempat sunat yang dapat memberikan kenyamanan pada anak maupun orangtua atau keluarga yang ikut mengantar adalah Rumah Sunat dr. Mahdian.

Biaya Sunat

Selain tempat sunat dan metode sunat, ada juga biaya sunat yang menjadi pertimbangan orangtua. Biaya sunat yang ditawarkan penyedia jasa sunat bervariasi dimulai dari lima ratus ribu rupiah sampai sembilan juta rupiah.  Biaya sunat tersebut bergantung pada usia pasien sunat, metode sunat yang digunakan, praktisi sunat, lokasi tempat sunat, dan anestesi (obat bius) yang digunakan.

Biasanya, biaya sunat di bawah satu juta menggunakan metode konvensional. Selain itu, juga tidak menyertakan kontrol setelah sunat dan obat, hanya biaya tindakan. Di luar Jabodetabek, biaya sunat mungkin lebih murah lagi karena beberapa faktor seperti, tidak dilakukan oleh dokter, metode yang digunakan masih tradisional atau konvensional. Sementara biaya sunat lebih dari  empat juta, biasanya hanya ada di rumah sakit.

Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki biaya sunat anak yang tidak mencapai empat juta rupiah. Sudah menggunakan metode modern, termasuk dalam biaya kontrol setelah sunat dan obat-obatan. Selain itu lokasi klinik sunat yang strategis dan memiliki fasilitas memadai.

baca juga: biaya sunat dewasa 2019

Metode Sunat Modern

Metode Klem

Klem tabung plastik antibakteri dan ring atau cincin sebagai pengganti perban dan jahitan, sehingga tindakan sunat tidak lagi berisiko perdarahan atau infeksi. Metode ini juga meminimalisasi rasa nyeri yang dirasakan pasien.  Alat ini memiliki cetakan berbentuk bundar dan ukuran sesuai ukuran penis pasien. Berikut beberapa keunggulan klem:

  • Mengurangi risiko perdarahan

Kulup yang akan dipotong,  dimasukkan ke dalam klem kemudian dijepit dengan pengunci klem. Umumnya, setelah 5-7 hari tabung klem akan dilepas. Metode ini akan mengurangi risiko perdarahan.

  • Persingkat waktu sunat

Metode klem lebih praktis dalam pengerjaannya karena tanpa proses jahitan. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 5-7 menit.

  • Tanpa perban dan tanpa jahitan

Klem terbuat dari plastik khusus yang bisa dipilih sesuai dengan ukuran penis anak Indonesia. Pisau bedah untuk memotong kulup sekali pakai, tanpa jahitan dan tanpa perban.

  • Hasil sunat lebih baik

Jika menggunakan electric cauter atau yang masyarakat kenal dengan metode laser perlu dipotong dan dijahit sehingga ada bekas jahitan. Menggunakan klem tidak ada bekas jahitan dan hasil lebih baik secara kosmetik.

  • Satu-satunya klem terdaftar

Klem yang digunakan di Rumah Sunat dr. Mahdian adalah Mahdian Klem, yang diciptakan oleh dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS. Merupakan klem pertama produk anak bangsa dan satu-satunya klem di Indonesia yang sudah terdaftar di Kemenkes RI.

Metode Gun Stapler

Baru-baru ini metode stapler tengah menjadi popular dikalangan dokter sunat karena penggunaannya yang praktis. Tidak hanya untuk para dokter, metode stapler juga menjadi salah satu pilihan tepat bagi pasien sunat karena dapat memberikan kenyamanan bagi pasien.

Rumah Sunat dr. Mahdian menggunakan metode gun stapler yang dapat digunakan untuk anak ataupun dewasa. Alatnya berbentuk pistol (gun). Cara kerjanya kepala penis dimasukkan ke dalam gun stapler, setelah itu, pelatuk ditarik untuk menggerakkan pisau bedah, maka kulup akan terpotong. 

Kelebihan dari alat ini adalah waktu tindakan sunat yang lebih singkat, potensi perdarahan lebih minimal, dan komplikasi pascatindakan yang lebih sedikit dibandingkan sunat konvensional. Gun stapler yang digunakan di Rumah Sunat dr. Mahdian juga telah terdaftar di Kemenkes RI.

Metode Laser

Kebanyakan masyarakat mengira bahwa alat yang digunakan untuk sunat adalah laser, namun sebenarnya alat yang digunakan bernama electric cauter. Metode ini memanfaatkan panas listrik di bagian ujung. Bentuknya seperti lempengan yang dipanaskan seperti kompor listrik.

Masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan metode ini karena harganya lebih terjangkau, namun sebenarnya metode ini berisiko menyebabkan luka bakar. Selain itu, risiko lainnya adalah terpotongnya glans penis jika dilakukan tidak berhati-hati dan tidak dilakukan oleh dokter yang memiliki jam terbang tinggi. Waktu yang dibutuhkan untuk tindakan sunat juga lebih lama yaitu sekitar 30 menit atau lebih. Oleh karena itu, sebagian masyarakat lebih memilih menggunakan metode klem atau stapler yang dinilai memiliki risiko komplikasi yang minimal.

Biaya sunat anak pada setiap penyedia jasa sunat berbeda-beda, meski begitu hal pertama yang penting diperhatikan adalah kenyamanan dan keamanan bagi anak. Pilihlah tempat sunat yang nyaman dan aman bagi anak, ditangani oleh dokter yang berpengalaman dan memiliki tempat serta alat-alat yang steril. Selain itu, pilihlah metode yang memiliki risiko paling minimal untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.