CARA MEMBUJUK ANAK AGAR MAU SUNAT

Sunat anak, banyak orangtua yang ingin melakukannya, ketika mereka sudah masuk usia sekolah. Namun, masalah lain muncul ketika saat itu tiba. Banyak orangtua yang ingin melakukannya, ketika mereka sudah masuk usia sekolah. Namun, masalah lain muncul ketika saat itu tiba. Tidak jarang, meski sudah berusia lebih dari 10 tahun, sebagian anak laki-laki belum disunat karena alasan takut. Jika sudah begini untuk membujuk anak agar mau melakukan sunat cara nya tidaklah mudah.

Biasanya, rasa takut terbesar mereka ketika membayangkan rasa sakitnya, belum lagi dibayangan mereka sunat sangat menyeramkan, ada juga yang takut ketika melihat dokter dengan jas putihnya atau ada juga yang takut dengan jarum suntik. Tugas orangtua lah untuk meyakinkan bahwa sunat tidak semenyeramkan yang mereka bayangkan.

Cara Membujuk Anak Agar Mau Sunat

Cara membujuk anak agar mau sunat
  • Katakan bahwa sunat itu penting
    Anak perlu diberikan pengertian mengenai sunat dan pentingnya sunat baik karena agama ataupun kesehatan.
  • Katakan bahwa mereka anak yang berani
    Salah satu cara membujuk anak adalah dengan mengatakan jika mereka adalah anak yang pemberani seperti tokoh super hero idola mereka. Dengan begitu, mereka lebih termotivasi.
  • Ceritakan pengalaman sunat sang ayah
    Menceritakan pengalaman menyenangkan ketika sang ayah sunat juga dapat membantu anak termotivasi. Bagi seorang anak, ayah merupakan panutannya.
  • Katakan jika teman-temannya sudah disunat
    Selain menceritakan pengalaman sang ayah ketika sunat, juga bisa mengatakan pada anak bahwa teman-temannya sudah melakukan sunat. Dengan begitu, ia merasa memiliki teman yang sudah melakukannya lebih dulu dan menyadari bahwa temannya baik-baik saja, maka ia akan ikut berani seperti temannya.
  • Iming-imingi hadiah
    Sebagian besar orangtua melakukan ini seperti memberikan sepeda baru, mainan baru atau jalan-jalan ke tempat yang anak inginkan. Biasanya pada saat-saat tertentu, Rumah Sunat dr. Mahdian akan mengadakan kontes foto berhadiah yang dapat menarik perhatian anak.
  • Perlihatkan video atau foto
    Pada umumnya, setiap jasa layanan sunat akan memberikan video atau foto mengenai informasi tentang sunat untuk anak dan juga orangtua. Seperti halnya di Rumah Sunat dr. Mahdian, jika dicek di YouTube, menyediakan berbagai macam video mengenai informasi sunat dan juga testimoni dari para pasien sunat.

    Orangtua dapat memperlihatkan jika di Rumah Sunat dr. Mahdian tidak menyeramkan. Terdapat fasilitas taman bermain, dokter yang ramah, ketika sunat bisa sambil main games di iPad atau virtual reality, ruang tindakan yang ramah anak dan tentunya sunat dengan tidak menggunakan jarum suntik.
  • Jangan memaksa
    Jika semua langkah di atas telah dilakukan dan anak masih tetap tidak bersedia disunat, jangan memaksa. Jika tetap dipaksakan takut anak menjadi trauma. Meski terpaksa untuk menunda, namun tetaplah membujuk anak untuk melakukan sunat sampai akhirnya ia bersedia.

Tentang Rumah Sunat dr. Mahdian

Demikian beberapa cara yang dapat Bunda atau Ayah lakukan untuk membujuk anak agar mau sunat. Perlu diketahui, Rumah Sunat dr. Mahdian merupakan pusat pelayanan khitan anak dan dewasa yang terbesar di Indonesia. Memiliki lebih dari 40 cabang yang menyebar di seluruh Indonesia. Selain itu, tindakan khitan dilakukan oleh tenaga medis (dokter dan perawat) yang profesional, menggunakan metode sunat klamp dan gun stapler, pembiusan dilakukan tanpa jarum suntik.

Keunggulan lainnya adalah, Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki suasana yang ramah anak. Tidak ada kesan menakutkan ketika anak baru memasuki Rumah Sunat dr. Mahdian.