Gun Stapler Kurangi Komplikasi Pasca Sunat

Di Indonesia, sunat adalah prosedur bedah yang umum dilakukan pada anak laki-laki maupun dewasa.  Namun, di negara lain bahkan yang mayoritas penduduknya non-muslim, sunat juga sudah banyak dilakukan.  Di Amerika Serikat misalnya, sekitar 1,4 juta prosedur sunat dilakukan setiap tahun oleh tenaga medis.

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :
Call Center : 021-8242-0020
Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2
Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

Ada beberapa metode yang digunakan untuk sunat, yaitu metode konvensional, electric cauter, atau laser.  Namun, sunat konvensional masih memiliki beberapa kelemahan. Selain membutuhkan pelatihan khusus yang lebih intensif, juga ada risiko komplikasi yang tinggi sehingga waktu penyembuhan lebih lama.

Kini ada metode khitan yang lebih nyaman yaitu gun stapler. Dengan alat ini, sunat menjadi lebih nyaman dan tidak menyakitkan. Gun stapler menjadi senjata baru bagi dokter yang terbiasa melakukan khitan.

Gun Stapler Mengurangi Komplikasi

Untuk membandingkan hasil sunat menggunakan gun stapler, pernah dilakukan beberapa penelitian oleh Yuan dkk.

Sebagian besar penelitian menunjukkan sunat dengan gun stapler memiliki beberapa keuntungan yaitu waktu operasi yang lebih singkat, rasa sakit lebih minimal dan pendarahan lebih sedikit dibandingkan perangkat sunat baru lainnya.

Penelitian lain menunjukkan bahwa komplikasi pasca khitan jauh lebih rendah dengan gun stapler daripada khitan konvensional. Komplikasi yang dimaksud adalah edema (bengkak) yang parah, dehisensi luka, yaitu luka yang terbuka kembali.

Bagaimana jika dibandingkan dengan metode klem? Bersadarkan penelitian, pasien akan merasakan nyeri selama 7-16 hari sampai cincin (klem) dilepas. Berdasarkan laporan pasien, nyeri pasca operasi ini bisa sangat parah ketika ereksi spontan atau ereksi di malam hari.

Penggunaan klem juga berpotensi menyebabkan luka kembali terbuka karena tidak adanya jahitan di sekitar luka. Dehisensi luka ini biasanya terjadi ketika ereksi spontan.

Sunat dengan gun stapler bisa untuk anak-anak maupun dewasa. Hal ini karena gun stapler memiliki ukuran sesuai ukuran penis.

Dari berbagai penelitian tersbut, dapat diambil kesimpulan bahwa gun stapler dapat menjadi pilihan yang lebih nyaman untuk sunat. Keunggulan utamanya adalah waktu operasi yang lebih singkat, pendarahan minimal, nyeri berkurang, dan komplikasi pasca sunat dapat dikurangi.