Jadikan Mencuci Tangan Sebagai Kebiasaan

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menjaga pola makan, olahraga dan menjalani pola hidup yang sehat. Rajin mencuci tangan sebelum makan atau setelah melakukan aktivitas juga termasuk salah satu cara menjaga kesehatan. Tangan merupakan salah satu penghantar masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Maka, membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh.

Berdasarkan data dari Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) 2010 menunjukkan, persentase rumah tangga yang memenuhi kriteria PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dengan kategori baik secara rata-rata nasional hanya 3,7 persen. Sedangkan persentase penduduk yang berperilaku benar dalam cuci tangan pakai sabun (CTPS) secara rata-rata nasional hanya 24,5 persen.

Penyakit akibat tidak mencuci tangan dengan sabun

penyakit-akibat-tidak-mencuci-makan

  1. Diare

Diare menjadi penyebab kematian kedua untuk anak-anak terutama balita. Kuman penyakit yang menyebabkan diare ini masuk ke mulut melalui tangan yang telah menyentuh air minum yang terkontaminasi, makanan mentah, dan peralatan makan yang tidak bersih atau sudah terkontaminasi. Mencuci tangan dengan sabun akan menurunkan angka penderita diare sekitar 44%.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan

Penelitian di Pakistan menemukan, bahwa mencuci tangan dengan sabun mengurangi infeksi saluran pernapasan yang berkaitan dengan pnemonia pada anak-anak balita hingga lebih dari 50%. Mencuci tangan dengan sabun dapat melepaskan patogen-patogen pernapasan yang terdapat pada tangan dan dengan menghilangkan patogen (kuman penyakit) lainnya terutama virus entrentic yang dapat menyebabkan diare dan juga masalah pernapasan.

  1. Infeksi cacing

Di dalam kuku yang kotor biasanya terdapat telur cacing penyebab penyakit. Terdapat empat jenis cacing perut, di antaranya cacing gelang, cacing kremi, cacing tambang, dan cacing cambuk. Telur cacing yang menempel di tangan ukurannya tak kasat mata dan mudah terselip pada sela-sela kuku dan sela-sela kulit tangan.

Jika tidak mencuci tangan sebelum makan, telur cacing yang terselip ini akan ikut termakan dan akan menetas di dalam usus. Inilah yang membuat tubuh mengidap penyakit cacingan.

Cacingan sangat rawan karena dapat menyebabkan kekurangan gizi. Cacing tak hanya menghisap darah, namun juga memakan karbohidrat dan protein di dalam tubuh. Nutrisi yang seharusnya untuk tubuh malah dihisap habis oleh cacing. Akibatnya, akan mengidap anemia, kurang gizi dan menurunnya tingkat kecerdasan.

Cara mencuci tangan yang benar dan baik

cara-mencuci-tangan-yang-benar-dan-baik

  1. Basahi kedua tangan dengan air.
  2. Tuangkan sabun cuci tangan cair secukupnya di telapak tangan.
  3. Gosok kedua telapak tangan untuk menghasilkan buih.
  4. Bersihkan punggung tangan dan sela jari-jari tanganhingga ke pangkalnya.
  5. Bersihkan bagian dalam kuku dan sekitar kutikula (pangkal sisi atas kuku).
  6. Bilas tangan di bawah air mengalir, lalu keringkan dengan handuk bersih.

 

Mengingat pentingnya mencuci tangan untuk mencegah penyebaran kuman, infeksi dan mikroorganisme berbahaya lain. Kita perlu membiasakan mencuci tangan setiap selesai berinterkasi dengan objek-objek yang berpotensi ditempeli mikroorganisme berbahaya. Walaupun tidak mudah untuk selalu menjaga tangan bebas kuman, kita bisa membatasi kemungkinan terinfeksi bakteri, virus, dan mikroba dengan cara mencuci tangan secara rutin.

 

 

 

 

 

POST REPLY

SUNAT ANAK NUSANTARA pelaporan