Kenali Lebih Jelas Hipospadia

Ada kelainan pada penis anak yang sering dikira orang konvensional sebagai anak disunat jin. Padahal, itu adalah kelainan pada penis disebut hipospadia.
Hipospadia adalah kelainan di mana bawaan lahir pada anak laki-laki. Cirinya adalah letak abnormal lubang jencing tidak diujung kepala penis tapi lebih pendek atau lebih di bawah.
Letak abnormal lubang kencing bermacam-macam. Bisa terletak di kepala penis namun tidak tepat di ujung disebut glanural. Kemudian, pada leher kepala penis, disebut koronal. Pada batang penis, disebut penil. Pada perbatasan pangkal penis dan kantung kemaluan, disebut penoskrotal. Bahkan, ada yang pada kantung kemaluan disebut skrotal. Pun antara kantung kemaluan dan anus disebut perineal.
Hipospadia merupakan kelainan bawaan yang jarang ditemukan. Angka perbandingannya 1 : 250-400 setiap kelahiran bayi laki-laki. Sebenarnya penyebab dari hipospadia sampai saat ini belum dapat dijelaskan secara pasti. Akan tetapi, bisa ditelaah kalau hipospadia ada karena kelainan masalah hormonal.
Lebih dalam lagi sebagaimana dilansir bedah-plastik.com, kelainan hipospadia terjadi akibat penghentian prematur perkembangan sel-sel penghasil androgen di dalam testis. Produksi androgen terhenti dan mengakibatkan maskulinisasi inkomplit dari alat kelamin luar. Proses ini menyebabkan gangguan pembentukan saluran kencing (uretra). 
Kelainan pada hipospadia mengakibatkan saluran urine dapat berujung di mana saja sepanjang garis tengah penis. Hal itu tergantung saat terjadinya gangguan hormonal. Semakin dini terjadinya gangguan hormonal, maka lubang kencing abnormal akan bermuara semakin mendekat ke pangkal.

POST REPLY