Meski Berumur, Tetap Bisa Khitan Dewasa

khitan dewasa

Faktanya, pria berumur tetap bisa melakukan khitan dewasa. Khitan atau sunat di Indonesia umumnya dilakukan karena alasan agama ketika laki-laki menginjak usia 5 sampai dengan 10 tahun.

Khitan adalah pengangkatan kulit yang menutupi kepala penis atau kulup. Salah satu manfaatnya adalah dapat membantu mengurangi risiko tertularnya penyakit menular seksual.

Apa Saja Manfaat Khitan Bagi Kesehatan?

Manfaat khitan bagi kesehatan yang dapat Anda dapatkan dari khitan dewasa, yaitu:

  • Penis lebih mudah dibersihkan.
  • Mengurangi risiko penyakit menular seksual. Namun, meski begitu tetap perlu untuk melakukan seks yang aman.
  • Mengurangi risiko  infeksi saluran kemih (ISK).
  • Mencegah kulit penis atau kulup tidak dapat ditarik kembali.
  • Mencegah peradangan pada kulup atau kepala penis (balanitis)
  • Mengurangi risiko kanker serviks (leher rahim) pada pasangan wanita.
  • Mencegah penyakit kanker penis.

Jadi untuk melakukan sunat dewasa tidak ada kata terlambat untuk mencegah diri dari beberapa penyakit yang telah disebutkan di atas.

Bagaimana Prosedur Khitan Dewasa?

Prosedur khitan dewasa hanya membutuhkan waktu 10 hingga 30 menit. Sebelum sunat, dokter akan melakukan pembiusan.

Setelahnya, dokter akan melakukan pembuangan atau pemotongan kulup dengan menggunakan metode khitan yang telah dipilih pasien. Ada beberapa jenis metode khitan yang dapat digunakan, yaitu sunat konvensional, sunat laser, sunat klamp, dan sunat gun stapler.

Apa Saja yang Perlu Dilakukan Setelah Khitan Dewasa?

Setelah menjalani prosedur sunat,  jika penis mungkin terlihat memerah, membengkak, atau nyeri di ujung penis. Namun, tidak perlu khawatir. Lakukanlah hal berikut ini:

  • Minum obat-obatan
    Dokter akan meresepkan obat untuk menghilangkan rasa nyeri, dan untuk membantu mengatasi bengkak, serta antibiotik. Minumlah obat-obatan tersebut obat sesuai petunjuk dokter.
  • Memakai celana yang longgar
  • Bersihkan luka
    Setelah kain kassa dapat dilepas oleh dokter, kompres luka sunat dengan menggunakan kassa obat merah lalu lilitkan pada luka dan  tahan selama 5-10 menit. Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

Apa yang Perlu Dihindari Setelah Khitan Dewasa?

Setelah khitan, dokter akan menyarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual selama 1 bulan. Jika setelah sunat, merasakan nyeri ketika buang air kecil, demam,  atau alami pendarahan  tak terkendali, bengkak pada penis yang tidak kunjung membaik, sebaiknya segera hubungi dokter.

Untuk melakukan khitan dewasa, dapat dilakukan di semua cabang Rumah Sunat dr. Mahdian. Informasi dan konsultasi dapat menghubungi kami di 08111661005