Mahdian Klem; Tak Kenal Maka Tak Sayang

Untuk mengetahui sesuatu kita harus melihatnya lebih dekat sehingga kita dapat mengenalnya lebih jauh, seperti kata sebuah pribahasa tak kenal maka tak sayang. Sama halnya dengan alat sirkumsisi yang baru saja dikembangkan oleh salah seorang putra bangsa yang juga berprofesi sebagai dokter, beliau adalah dr. Mahdian Nur Nasution yang merupakan pencipta Mahdian Klem. Mahdian Klem adalah sebuah alat sirkumsisi yang dikembangkan berdasarkan anatomi anak di Indonesia, dr. Mahdian sendiri telah mendedikasikan tenaga dan pikirannya untuk dapat menciptakan alat sirkumsisi ini.

Sesungguhnya metode klem sendiri sudah mulai digunakan di Indonesia semenjak satu dekade yang lalu, namun alat klem ini masih merupakan barang impor yang kerap mengalami kendala dalam masalah bentuk, distribusi, dan kemudahan dalam penggunaan. Melihat hal ini, ada sebuah niat yang timbul di dalam diri dr. Mahdian Nur Nasution untuk memberikan sumbangsih kepada negara lewat idenya dalam pegembangan klem yang sudah disesuaikan dengan anatomi penis anak Indonesia, dan mudah digunakan oleh para tim medis yang melaksanakan khitan. Dr. Mahdian sendiri sudah berkecimpung di dunia khitan semenjak tahun 1997 ketika beliau masih menjadi dokter muda dan aktif terlibat dalam kegiatan sosial khitanan massal, dan sampai sekarang beliau masih menangani khitan yang sudah merupakan panggilan jiwanya.

Berangkat dari keinginan inilah Mahdian Klem telah lahir dan dapat digunakan untuk masyarakat luas, namun tentunya masyarakat luas harus mengenal lebih dalam tentang Mahdian Klem agar merasa lebih dekat dengan karya anak bangsa ini. Agar lebih mudah, mari kita mengenal bagian per bagian dari Mahdian Klem, dan bagian pertama yang akan kita bahas adalah tabung bagian dalam.

Tabung Bagian Dalam Mahdian Klem

Dalam mengembangkan Mahdian Klem, dr. Mahdian Nur Nasution tidak ingin setengah-setengah untuk masalah kualitas. Beliau menggunakan bahan terbaik untuk membangun Mahdian Klem, hal ini beliau lakukan agar nantinya produk yang sudah susah payah ia ciptakan akan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan membawa kebahagiaan bagi mereka yang menggunakannya, baginya, kualitas terbaik akan membawa kepuasan bagi masyarakat dan dari sinilah kepercayaan dan kebanggaan masyarakat akan produk asli Indonesia akan timbul. Secara tidak langsung dr. Mahdian telah ikut menggalakan kepercayaan masyarakat agar terus menggunakan produk asli Indonesia.

Tabung bagian dalam Mahdian Klem dibuat dari materi yang berkualitas tinggi dan diproses dengan teknologi tinggi sehingga permukaan dan tepi tabung sangat halus dan tidak tajam sehingga tidak melukai pasien khitan yang menggunakan Mahdian Klem. Kemudian kelebihan Mahdian Klem ketimbang yang lain adalah Mahdian Klem memiliki Pelindung frenulum (frenulum protector) yang akan melindungi pasien dari kesulitan berkemih dan melindungi pasien dari luka dehiscen terutama di bagian bawah (arah jam enam).

Kemiring tabung Mahdian Klem pun sudah disesuaikan dengan glans (kepala penis) anak Indonesia sehingga lebih cocok digunakan di Indonesia dan dapat memudahkan tim medis yang melakukan tindakan khitan. Mahdian Klem juga memiliki kedua lubang di kedua sisi, kedua lubang ini nantinya akan memudahkan dalam penarikan prepusium, dan juga menjaga kelembabpan luka dan memudahkan dalam masalah perawatan atau pembersihan luka pasca khitan.

Pengarah (steering notch) Mahdian Klem memudahkan pemasangan tabung dan klem. Inovasi-inovasi yang disematkan pada Mahdian Klem tentunya ditujukan sebagai sebuah niat baik dalam memajukan dunia sirkumsisi di Indonesia, dan niat ini tidak akan sampai pada tujuannya tanpa dukungan dari masyarakat luas dan pihak lain selaku penyedia jasa layanan khitan. Yuk dukung Mahdian Klem!

POST REPLY