MEYAKINKAN ANAK GEMUK UNTUK SUNAT

Sunat menjadi hal yang menakutkan untuk anak-anak. Tidak jarang sampai usia belasan tahun, sebagian anak laki-laki belum disunat karena alasan takut. Bahkan, terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan anak mendapat perlakuan khusus agar dapat sunat, salah satunya adalah anak gemuk.

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :
Call Center : 021-8242-0020
Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2
Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

Kondisi penis pada anak yang gemuk berbeda dengan anak yang memiliki berat badan normal. Kondisi ini dinamakan mikro penis dan burried penis. Mikro penis adalah kondisi di mana anak memiliki penis yang kecil. Sementara itu, burried penis adalah kondisi di mana ukuran penis normal hanya saja tertutup dengan lapisan lemak di bawah perut. Dua kondisi tersebut, mengharuskan anak untuk melakukan terapi hormon dan diet ketat.

Namun, menurut dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS terapi hormon dapat menimbulkan beberapa efek samping ringan, seperti sakit kepala, mual, sakit di bagian dada, nyeri di bagian suntikan sampai ke efek yang cukup berat seperti gangguan jantung, stroke, dan pembekuan darah. Tidak hanya itu, terapi hormon berisiko juga bisa mempercepat pubertas anak.

Meminta anak untuk melakukan sunat saja tidaklah semudah membalik telapak tangan, bagaimana jika mereka harus melakukan terapi hormon dan diet terlebih dahulu? Anak akan lebih merasa takut dan khawatir. Oleh sebab itu, peran orangtua sangatlah penting untuk memilih tempat sunat yang berpengalaman dalam menyunat anak gemuk. Setelah memilih tempat yang tepat, peran orangtua selanjutnya adalah meyakinkan anak.

Tips Meyakinkan Anak Gemuk Agar Mau Sunat

Berikut ini adalah tips meyakinkan anak agar mau sunat.

  • Yakinkan bahwa ia adalah anak pemberani

Anak perlu diberikan pengertian mengenai sunat dan pentingnya sunat baik karena agama ataupun kesehatan. Katakan juga bahwa ia adalah anak yang pemberani sebagaimana tokoh super hero yang menjadi idolanya.

  • Sang ayah bisa menceritakan pengalamannya ketika sunat

Menceritakan pengalaman menyenangkan ketika sang ayah sunat juga dapat membantu anak termotivasi. Bagi seorang anak, ayah merupakan panutannya.

  • Katakan jika teman-temannya sudah disunat

Selain menceritakan pengalaman sang ayah ketika sunat, juga bisa mengatakan pada anak bahwa teman-temannya sudah melakukan sunat. Dengan begitu, ia merasa memiliki teman yang sudah melakukannya lebih dulu dan menyadari bahwa temannya baik-baik saja, maka ia akan ikut berani seperti temannya.

  • Jangan memaksa

Jika semua langkah di atas telah dilakukan dan anak masih tetap tidak bersedia disunat, jangan memaksa. Jika tetap dipaksakan takut anak menjadi trauma. Meski terpaksa untuk menunda, namun tetaplah membujuk anak untuk melakukan sunat sampai akhirnya ia bersedia.

Rumah Sunat dr. Mahdian

Rumah Sunat dr. Mahdian merupakan pusat pelayanan khitan anak dan dewasa. Memiliki layanan sunat anak, sunat perempuan, sunat dewasa, sunat premium, dan sunat gemuk. Layanan sunat gemuk di Rumah Sunat dr. Mahdian, anak tidak perlu melakukan diet ketat dan terapi hormon. Metode yang digunakan adalah metode khusus yang ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah.