Penggunaan Gurita Secara Medis VS Adat

Setelah melahirkan, rasa senang bercampur aduk di dalam hati kedua orang tua si buah hati. Namun, sebagai seorang wanita muda, tidak jarang si ibu baru kuatir akan perubahan pada bentuk tubuh, terutama di daerah perut. Oleh karena itu tidak jarang wanita yang baru melahirkan menggunakan gurita, bahkan stagen untuk mengembalikan bentuk perut seperti semula. Benarkah penggunaan gurita dapat membantu melangsingkan perut setelah melahirkan?

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :

Call Center : 021-8242-0020

Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2

Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

mother-84628_1920Gurita, digunakan terutama oleh wanita Asia setelah melahirkan. Di Indonesia penggunaan gurita telah dilakukan secara turun temurun. Bahkan ada pula yang berbentuk korset ketat atau stagen yang dililitkan. Konon, penggunaan stagen yang ketat akan membuat bentuk tubuh wanita kembali seperti sebelum hamil. Stagen yang ketat dikatakan dapat mencegah perdarahan berlebihan. Dipercaya juga, mereka yang melahirkan lewat operasi menjadi lebih cepat sembuh karena bekas luka mendapat tekanan.

Tidak hanya di dunia timur, sekarang di kalangan wanita barat pun banyak yang menggunakan korset atau gurita dengan velcro setelah melahirkan. Umumnya penggunaan alat bantu ini digunakan dengan alasan yang sama, yaitu ingin cepat langsing, dan mengatasi masalah punggung yang dialami selama hamil.

Dari Sisi Medis

Dalam dunia kesehatan, perut yang melar pasca melahirkan akan pulih dengan sendirinya meski tanpa menggunakan gurita atau stagen. Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan, bahwa penggunaan gurita atau stagen memberikan pengecilan yang lebih cepat atau lebih baik. Penggunaan gurita biasanya masih diperbolehkan, hanya untuk memudahkan ibu dalam mengenakan pakaian. Sedangkan stagen tidak dianjurkan, karena dapat mengganggu pernapasan. Selain itu, penggunaannya tidak akan mempercepat penurunan berat badan. Penurunan berat badan akan terjadi secara alami, terutama pada ibu yang memberikan ASI.

Penurunan berat badan yang lebih baik akan dicapai dengan diet dan olahraga yang tepat. Namun penggunaan gurita dan stagen mungkin dapat memulihkan rasa percaya diri sang ibu. Terutama pada mereka yang tidak menyukai bentuk tubuhnya yang baru paska melahirkan. Namun,  yang perlu diketahui penggunaan stagen tidak lantas membuat perut lebih cepat kecil dan langsing. Memang saat dikenakan, perut tampak baik, tapi jika dilepas, akan kembali kendur. Untuk itu, diet tinggi serat olahraga teratur, terutama latihan pada daerah otot perut, akan lebih efektif dalam mengatasi perubahan bentuk tubuh. Misalnya dengan melakukan latihan pernafasan atau senam nifas.