Perawatan Tali Pusat

Setelah tali pusat di potong pada saat lahir, terdapat sebagian jaringan yang masih melekat pada pusar bayi. Umumnya sisa tali pusat ini akan mengering dan menciut secara bertahap hingga akhirnya puput. Puputnya tali pusat dapat terjadi setelah 1-2 minggu bayi lahir. Selama masa itu tali pusat dan kulit disekitarnya harus di jaga agar tetap bersih dan kering. Tujuannya untuk mencegah terjadinya infeksi. Perawatan tali pusat yang tepat dapat membantu tali pusat lebih cepat puput, dan pusar sembuh lebih cepat.

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :

Call Center : 021-8242-0020

Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2

Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

Cara membersihkan tali pusat

Bersihkan sisa tali pusat dan kulit di sekitarnya dengan lembut sedikitnya sekali sehari, bahkan jika diperlukan saat mandi atau menganti popok, juga dibersihkan. Berikut ini cara membersihkannya;

  1. Celupkan kapas di dalam air hanggat yang sudah di beri sabun yang lembut atau sabun bayi, kemudian peras untuk mengeringkan kapas yang dicelupkan tadi. Lalu usap tali pusat dan kulit disekitarnya dengan kapas tadi secara lebut. Dokter Anda mungkin menganjurkan penggunaan alkohol. Jika membersihkan menggunakan alkohol, oleskan lotions di sekitar tali pusat terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit bayi yang sensitif.
  2. Bersihkan semua kotoran yang menempel di sekitar tali pusat
  3. Keringkan area di sekitar tali pusat dengan kain yang lembut.

Sisa tali pusat biasanya akan puput dalam 1 hingga 2 minggu setelah bayi lahir, namun bisa labeh dari waktu tersebut. Meski demikian kita harus tetap melanjutkan perawatan disekitar tali pusat sedikitnya satu hari sekali sampai tali pusat puput atau sembuh dengan sempurna.

Menjaga tetap kering

Sisa tali pusat akan puput dan sembuh lebih cepat jika tetap dalam kondisi kering dan bersih kecuali saat di bersihkan. Ada beberapa trik agar menjaga tali pusat tetap kering, diantaranya dengan;

  • Usahakan ketika memasang popok bayi, jangan sampai menutupi talipusat, jika perlu lipat popok agar tetap di bawah sisa tali pusat. Jika sulit untuk di lipat potonglah bagian depan popok sebelum di pasangkan pada bayi anda, agar tali pusat tetap terkena udara. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya iritasi oleh urine atau feses.
  • Mandikan bayi secara hati-hati. Usahakan agar tali pusat tetap berada diatas air sampai puput dan sembuh dengan sempurna. Beberapa bak mandi bayi memiliki dudukan atau sandaran, kondisi ini mungkin dapat membantu untuk menjaga agar tali pusat tidak terkena air.