SMEGMA, CAIRAN PUTIH PADA PENIS

APA ITU SMEGMA?

Smegma adalah zat alami yang ditemukan di daerah genital pria maupun wanita. Smegma memiliki bentuk seperti krim berwarna putih yang terbentuk dari campuran sel-sel kulit mati, minyak, keringat, dan kotoran yang menumpuk di ujung penis atau di lipatan vagina. Penumpukan dapat bertambah dari waktu ke waktu, dan jika tidak diurus, dapat menyebabkan efek samping yang menyakitkan.

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :
Call Center : 021-8242-0020
Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2
Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

CIRI-CIRI

Pada laki-laki yang belum disunat, smegma biasa terbentuk di kepala penis (glans penis) dan di balik kulup (prepusium), hal ini disebabkan karena kulit kulup paling rentan berkeringat. Jika alat kelamin sering dibersihkan, smegma akan berwarna jernih atau bening. Sementara, jika kebersihan kurang, smegma dapat menumpuk dan bercampur dengan keringat dan minyak yang diproduksi kulit sehingga tampak keputihan atau kekuningan dan berbau tidak sedap.

FUNGSI SMEGMA

Smegma dilepaskan oleh tubuh secara alami setiap hari. Smegma berfungsi sebagai pelumas saat berhubungan seksual dan menjaga kulit dari merasa kering atau gatal. Pada pria yang tidak disunat, smegma membantu agar prepusium dapat bergerak maju mundur tanpa menyebabkan iritasi. Jika membersihkan area genital tidak bersih atau tidak dibersihkan sama sekali dapat menyebabkan cairan smegma menumpuk dan mengeras. Sangat penting membersihkan area genital dengan bersih.

AKIBAT SMEGMA MENUMPUK

Pada pria, penumpukan smegma dapat menyebabkan perlengketan antara prepusium dan glans penis. Akibatnya, penis akan terasa sakit saat ereksi. Penumpukan smegma pada pria juga dapat menimbulkan balanitis, yaitu peradangan pada glans penis. Hal ini ditandai dengan keluarnya cairan yang berbau tidak sedap dari penis.

CARA MEMBERSIHKAN SMEGMA

Membersihkan penis dengan benar adalah cara termudah untuk menghilangkan smegma.

  1. Tarik perlahan kulup, jika smegma telah mengeras, Anda mungkin tidak dapat menariknya kembali. Jangan memaksakannya, karena dapat menyebabkan rasa sakit dan merobek kulit, yang dapat menyebabkan infeksi.
  2. Gunakan sabun lembut dan air hangat untuk mencuci area yang biasanya tertutup kulup Anda. Hindari penggosokan yang keras, karena dapat mengiritasi kulit sensitif. Jika smegma telah mengeras, olesi minyak dengan lembut di area tersebut sebelum membersihkannya.
  3. Bilas semua sabun dengan hati-hati dan kemudian tepuk-tepuk daerah tersebut dengan lembut.
  4. Tarik kulup Anda kembali ke ujung penis Anda.
  5. Ulangi ini setiap hari sampai smegma hilang.

Jika smegma tidak menghilang setelah satu minggu atau jika semakin buruk, kunjungi ke dokter. Anda juga harus mengunjungi dokter, jika penis Anda merah atau meradang. Anda mungkin memiliki infeksi atau kondisi lain yang memerlukan perawatan medis.

TENTANG RUMAH SUNAT DR. MAHDIAN

Rumah Sunat dr. Mahdian adalah Circumcision Centre atau Pusat Pelayanan Khitan untuk segala usia, mulai dari usia bayi, anak-anak, remaja hingga dewasa. Dengan jaringan klinik terbesar di seluruh wilayah Indonesia. Menyediakan layanan khitan konvensional maupun modern dengan tenaga medis yang handal.

Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki unit pelayanan khusus seperti Sunat Perempuan, Sunat Gemuk, Sunat Dewasa, dan Sunat Premium. Rumah Sunat dr. Mahdian pertama kali didirikan oleh dr. Mahdian Nur Nasution, Sp.BS pada tahun 2006.

Dengan ketekunan dan komitmen untuk memberikan pelayanan memuaskan bagi pasien dan keluarga, saat ini Klinik Rumah Sunat dr. Mahdian telah memiliki 47 cabang di seluruh Indonesia. Penerapan inovasi baru di bidang sunat, seperti metode “clamp” dan sunat tanpa suntik (needle-free injection), menjadi bagian peningkatan kualitas layanan Klinik Rumah Sunat dr. Mahdian.