Tanda dan gejala dari kanker penis

Dalam kebanyakan kasus, tanda pertama dari kanker penis adalah perubahan pada kulit penis. Kulit akan berubah warna, menjadi lebih tebal, atau jaringan dapat membangun di satu daerah. Beberapa pria mungkin melihat borok  atau benjolan pada penis. Ini adalah yang paling mungkin ditemukan pada glans (kepala penis) atau kulup, tapi juga bisa berkembang pada poros. Sakit atau benjolan biasanya tidak menyakitkan, untuk dalam beberapa kasus.
Kadang-kadang kanker tampak seperti kemerahan, benjolan berkerak kecil berwarna coklat kebiruan yang merata. Ini mungkin tidak terlihat kecuali kulup ditarik kembali,dan dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap dibagian kulup. Pembengkakan pada area penis, terutama dibagian kulup, adalah tanda umum kanker penis sudah tumbuh.

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :

Call Center : 021-8242-0020

Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2

Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

Jika kanker menyebar dari penis, paling sering menyebar ke kelenjar getah bening di selangkangan dan membuat kelenjar getah bening membengkak. Kelenjar getah bening adalah sekumpulan sel sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi. Biasanya, hanya seukuran kacang  dan hampir tidak dapat dirasakan sama sekali. Jika membengkak, kelenjar getah bening dapat dengan mudah dirasakan sebagai benjolan di bawah kulit.
Tanda-tanda dan gejala tidak selalu berarti kanker , dapat juga disebabkan oleh kondisi jinak. Misalnya, infeksi dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di daerah selangkangan. Namun, jika Anda memiliki salah satu dari tanda-tanda atau gejala-gejala ini, pergi melihat dokter segera. Ingat, semakin cepat anda menerima diagnosis yang benar, semakin cepat anda dapat mulai pengobatan yang lebih efektif. Translator:Hart
.sumber:Cancer.org