Sunat Saat Bulan Puasa? Tentu Saja Boleh

Seluruh umat muslim di dunia telah menunggu-nunggu hadirnya bulan suci Ramadhan, yaitu bulan yang penuh berkah dan ampunan. Sebagai umat Islam haruslah menjalankan kewajibannya yaitu berpuasa selama 30 hari di bulan Ramadhan. Sama seperti berpuasa, sunat juga merupakan sebuah kewajiban bagi laki-laki yang beragama Islam.  Pertanyaannya, apakah boleh sunat saat bulan puasa?

Ada orangtua berniat mengkhitankan anaknya meski di bulan Ramadhan namun sedikit khawatir jika sunat/khitan akan membatalkan puasa anak. Maka tak perlu khawatir, sunat tidak akan membatalkan puasa.

Sunat Tidak Membatalkan Puasa

Banyak anggapan bahwa mengeluarkan darah dapat membatalkan puasa tetapi sesungguhnya tidak demikian. Mengutip dari berbagai sumber, tidak semua darah dapat membatalkan puasa. Darah yang dapat membatalkan puasa adalah darah haid, darah nifas dan darah yang keluar banyak dan membuat seseorang menjadi lemah sehingga tidak sanggup untuk berpuasa.

Oleh sebab itu, bagi orangtua yang ingin melakukan sunat pada anaknya ataupun laki-laki yang ingin melakukan sunat dewasa ketika berpuasa, sunat tidak akan membatalkan puasa.  Lalu, di manakah tempat sunat yang tetap buka saat bulan suci Ramadhan? Rumah Sunat dr. Mahdian adalah jawabannya. Jadi tunggu apa lagi, ayo sunat saat bulan puasa.

Sunat Saat Bulan Puasa Memiliki Banyak Manfaat

Khitan yang dilakukan di bulan ramadhan memiliki banyak manfaat baik secara agama ataupun secara medis. Anak laki laki yang melakukan khitan di bulan ramadhan menjadi sempurna identitasnya sebagai laki laki dan menjadi lebih memilki banyak kesempatan untuk melakukan amal ibadah sebanyak banyaknya di bulan ramadhan serta mendatangkan banyak pahala untuknya.

Anak laki laki tersebut juga akan berubah menjadi seseorang yang bertanggung jawab akan puasa ramadhan serta ibadah ramadhan lain yang dilakukannya karena menyadari bahwa apa yang kini terjadi pada dirinya adalah sudah berubah menjadi baligh dan dewasa, sehingga sudah wajib untuk melakukan segala amal ibadah, ia pun menjadi lebih rajin dan mampu tumbuh menjadi orang yang lebih baik dan lebih memahami agama.

Hal ini dijelaskan dalam tafsir Al Qur’an dan firman Allah berikut ini, “Khitan merupakan kebaikan syareat yang disyareatkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala kepada hambanya, untuk menghiasi penampilan luar dan dalam. Ia sebagai penyempurna fitrah yang mana Allah berikan kepadanya. Oleh karena itu, (khitan) ini merupakan kesempurnaan hanafiyah agama Ibrohim.

Asal pensyareatan khitan adalah untuk menyempurnakan hanifiyyah (agama yang lurus). Karena ketika Allah Azza Wajllah mengambil sumpah dan menjadikannya sebagai imam seluruh manusia, dan menjanjikan sebagai ayah bangsa yang banyak, dan para nabi serta para raja (lahir) dari keturunannya dan memperbanyak keturunannya.

Untuk diketahui bahwa menjadikan antara dia dengan keturunannya ada tanda perjanjian. Agar dikhitan pada setiap bayi yang lahir. Sehingga janjinya ada tanda di tubuhnya. Sehingga khitan termasuk tanda memasuki ke dalam agama Ibrohim. Dan hal ini sesuai dengan takwil (tafsir) dari firman Allah:

( صِبْغَةَ اللَّهِ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنْ اللَّهِ صِبْغَةً وَنَحْنُ لَهُ عَابِدُونَ ) البقرة/138

Shibghah Allah. Dan siapakah yang lebih baik shibghahnya dari pada Allah? Dan hanya kepada-Nya-lah kami menyembah.” (QS. Al-Baqarah: 138).

Sunat Di Klinik Yang Profesional

Rumah Sunat dr. Mahdian merupakan klinik khusus khitan untuk anak dan dewasa. Telah berdiri sejak tahun 2006 dan memiliki lebih dari 40 cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Klinik Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki dokter dan perawat profesional dan telah memiliki jam terbang tinggi dalam menangani sunat.

Kami juga menggunakan metode sunat modern seperti Mahdian klem untuk sunat anak dan Gun Stapler untuk sunat dewasa. Mahdian klem merupakan satu-satunya alat klem sunat yang diciptakan oleh anak bangsa Indonesia yaitu dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS.  Mahdian klem dan Gun Stapler yang digunakan telah memiliki izin edar dan selain itu juga telah terbukti sebagai metode sunat yang memiliki risiko paling minimal dibandingkan metode sunat lainnya seperti sunat laser.

Saat ini, sunat tidak hanya dapat dilakukan di klinik Rumah Sunat dr. Mahdian saja, Anda dapat melakukan sunat di rumah sendiri sehingga jauh lebih mudah dan nyaman. Anda hanya tinggal menunggu tim medis Rumah Sunat dr. Mahdian datang ke rumah. Saat ini, layanan Sunat di Rumah tidak hanya dapat digunakan untuk anak-anak saja, namun bagi yang ingin melakukan sunat dewasa di rumah juga bisa. Dengan begitu pasien akan lebih merasa nyaman dan privasinya terjamin.