Tips Mempersiapkan Khitanan Anak

Untuk mayoritas orang Indonesia, khitanan anak lebih dari sekadar tindakan pemotongan kulup di klinik khitan semata. Khitanan anak menjadi sebuah tradisi tersendiri, di berbagai kota di Indonesia orang merayakan khitanan dengan cara yang berbeda-beda. Namun, di atas itu semua, prosesi khitan di Indonesia memiliki kesamaan yaitu sama-sama jadi sebuah perayaan bagi orang tua, saudara, dan si anak yang dikhitan.

Agar perayaan khitanan anak anda berjalan dengan lancar, ada baiknya anda melakukan beberapa tips tentang bagaimana mempersiapkan khitanan anak agar nantinya khitanan anak anda berjalan lancar dan meriah.

6 Tips Penting Untuk Acara Khitanan Anak

1.    Rencanakan khitanan dari jauh hari

Khitanan adalah sebuah prosesi yang membutuhkan persiapan yang matang, mulai dari dana, mental, sampai fisik. Ada baiknya anda mempersiapkan khitanan ini minimal setahun sebelum acara ini digelar, dengan demikian anda dapat lebih leluasa menentukan tanggal, anggaran, dan mental anak anda sebelum dikhitan.

Jika anda masih buta terhadap metode khitan, ini adalah saat yang tepat anda mulai mencari tahu apa saja metode khitan dan di mana metode itu diterapkan. Contohnya Rumah Sunatan yang menerapkan metode khitan terbaru bernama metode klamp yang mana tanpa jahitan dan tanpa perban sehingga anak dapat langsung beraktivitas seperti biasa setelah dikhitan.

Setelah anda menemukan metode yang cocok, langkah selanjutnya adalah mencari klinik terbaik yang menerapkan metode itu. Cari tahu sampai sedetil mungkin prihal klinik tersebut, mulai dari rekam jejak sampai tenaga medis yang bertugas. Untuk ini anda bisa membuka website resmi klinik tersebut atau mencari dengan cara googling atau dari mulut ke mulut. Cari tahu juga berapa besaran biaya yang dibutuhkan.

2.    Menentukan Anggaran

Selain merencanakan dari jauh-jauh hari, menentukan anggaran juga perlu anda lakukan jauh sebelum khitanan digelar. Tentukanlah seberapa besar perayaan yang akan anda gelar, dan seberapa besar biaya medis untuk tindakan khitan agar nantinya acara berjalan sesuai rencana.

Dalam menentukan anggaran, ada baiknya anda melebihkan nominal demi menanggulangi selisih harga yang terjadi nantinya. Jika anggaran anda tertata rapi maka akan memudahkan dalam mengeksekusi khitanan sesuai dengan keinginan anda, dan anak.

3.    Gunakan Event Organizer

Jika anda ingin perayaan khitanan anak anda berjalan lancar dan dengan konsep yang matang dari awal sampai akhir, ada baiknya anda mulai memikirkan untuk menyewa event organizer untuk acara khitanan anak anda. Selayaknya perayaan pernikahan, khitanan pun memerlukan orang-orang yang dapat mewujudkan konsep yang diinginkan oleh anak anda dan juga membuat perayaan khitanan menjadi seru.

Jika acara khitanan anda ditangani oleh orang-orang yang kompeten maka acara khitana tidak hanya berjalan lancar tapi juga meriah. Di Rumah Sunatan sendiri, kami menyediakan layanan event organizer untuk memduahkan anda merencanakan pesta khitanan untuk putra tercinta. Anda akan ditangani oleh orang-orang profesional yang sudah banyak menangani pesta khitanan.

4.     Mulai Edukasi Anak Anda

Jauh sebelum anda mengajak putra tercinta ke klinik khitan, ada baiknya anda mulai mempersiapkan mental putra anda. Khitan adalah hal yang menyeramkan bagi banyak anak-anak karena begitu banyak berita bohong yang disebar di lingkungan sekitar, hal ini bisa saja berdampak buruk pada mental
putra anda.

Jika tidak ada upaya untuk memberi pengertian pada anak, maka bisa saja anak akan mengamuk saat dibawa ke klinik khitan. Oleh karena itulah peran orang tua untuk mengedukasi anak diperlukan, beri mereka pengertian bahwa khitan adalah hal yang penting untuk kesehatan mereka nantinya. Berikan penjelasan sesederhana mungkin namun jelas, beri tahu juga tentang rasa sakit yang mungkin timbul. Namun rasa sakit itu hendaklah bukan sesuatu yang harus ditakutkan, beri mereka pengetahuan yang tepat tentang manfaat sunat. Jika sudah begitu anak tidak akan lagi terfokus pada rasa takut, tapi kepada manfaat yang mereka dapatkan.

5.    Pilih klinik khitan yang terbaik

Sepintas hal ini memang sepele, dan tidak terlalu penting karena sebagian besar orang tua berpikir bahwa semua klinik sama saja. Padahal belum tentu, predikat dan standar operasi setiap klinik khitan berbeda. Oleh karena itu anda harus menyediakan waktu untuk mencari tahu klinik dengan metode terbaik dan pelayanan prima, contohnya Rumah Sunatan.

Sebagai pusat khitanan, Rumah Sunatan memberikan banyak pelayanan yang lebih unggul ketimbang klinik lain. Mulai dari konsep ceria dengan penambahan wallpaper kartun, anak tidak akan merasa terintimidasi. Dokter dan perawat yang menanganinya pun bersahaja dengan anak-anak hingga anak akan merasa nyaman, selain itu Rumah Sunatan didukung oleh dokter dan perawat yang profesional dalam tindakan khitan. Orang tua tentunya tidak perlu khawatir.

6.    Berikan imbalan atas keberanian anak

Setelah melalui proses khitan, dianjurkan orang tua memberikan imbalan pada anak. Hal ini bertujuan agar anak juga tahu bahwa apa yang dia lakukan membanggakan, bentuk imbalan ini juga dapat berbentuk pujian atau dengan perayaan itu sendiri. Anak harus mendapatkan hal yang setimpal dengan keberanian yang sudah ia tunjukan, jadi tidaklah berlebihan jika anak diperlakukan seperti raja sehari. Lagi pula khitanan adalah hal yang dilalui anak sekali dalam hidupnya, dengan merayakannya maka akan meninggalkan kenangan yang manis untuk anak ketika dewasa.

Itulah sebagian tips untuk orang tua yang hendak melakukan khitanan, agar dapat berjalan lancar dari awal sampai akhir. Untuk metode dan prosedur yang terbaik, anda dapat mempercayakan Rumah Sunatan. (www.rumahsunatan.com)

Hubungi hotline Rumah Sunatan (021) 8243 8530, 8243 8532 untuk informasi lebih lanjut.

POST REPLY