Waspada.. Jangan Duduk Terlalu Lama

Bedasarkan informasi yang diperoleh dari hasil penelitian, dinyataan bahwa ketika seseorang terlalu lama duduk sampai dengan berjam-jam di kursi kantor, mereka akan rentan pada gangguan kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan yang bisa menyerang seperti kelebihan berat badan (obesitas), tekanan darah tinggi, kolesterol bahkan diabetes.

Apabila Anda sudah terbiasa dengan menghabiskan waktu hingga 8 jam di depan meja kantor, maka sebaiknya Anda perlu banyak melakukan perenggangan di sela-sela jam kerja. Diberitakan oleh Boldsky, berikut ini adalah beberapa penyakit yang mudah mengganggu ketika Anda terlalu lama duduk di kursi kerja bahkan apabila sampai 8 jam:

  • Diabetes. Duduk berlama-lama di kursi kerja dapat memicu penyakit diabetes tip.
  • Kebiasaan ini banyak menimpa kaum hawa pada umumnya dari pada pria. Menurut penelitian yang dilakukan  University of Leicester, duduk teralu lama cenderung memicu peningkatan kadar insulin di tubuh.
  • Gangguan jantung. Pembakaran lemak yang berjalan lebih lambat akan membuat peredaran darah tidak lancar. Kondisi ini dapat memicu penyumbatan aliran darah di jantung oleh asa lemak. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda melakukan gerakan-gerakan kecil selama 5 menit di sela-sela jam kerja.
  • Obesitas. Obesitas menjadi gangguan kesehatan yang banyak hinggap bagi mereka yang suka duduk berjam-jam di kursi kerja. Jangan biasakan untuk makan di meja, apalagi cemilan. Biasakan untuk makan siang di luar ruang kerja kantor agar memberikan ruang gerak untuk di tubuh.
  • Menghambat sirkulasi daerah. Duduk dalam waktu 4 jam tanpa putus, akan menghambat sirkulasi darah di tubuh. Jika darah berkumpul di satu tempat di kaki, trombosit cenderung menempel satu sama lain, membentuk bekuan, alhasil oksigen yang masuk ke tubuh juga akan terhambat dan berujung pada serangan jantung.
  • Nyeri leher dan pinggang. Masalah paling umum dari duduk berlama-lama adalah rasa nyeri di bagian leher dan pinggang. Minimnya gerakan di kursi kerja, membuat leher dan punggung berada di posisi yang menegangkan. Rasa lelah yang terasa akan berujung pada nyeri saat Anda selesai bekerja.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa melawan efek negatif diatas dengan beberapa hal yang terbilang sederhana, seperti berikut:

  • Ingatlah untuk berdiri setiap satu jam

Bekerja di kantor bukan berarti Anda harus duduk seharian hingga saat makan siang atau pulang. Istirahat pendek, menurut sebuah studi mampu mengurangi semua masalah di atas. Ciptakan aktivitas yang memaksa Anda bergerak dari kursi Anda. Letakkan telepon atau mesin fotokopi jauh dari jangkauan atau berjalan mengambil air minum di tempat yang agak jauh dari Anda. Bila perlu nyalakan alarm di ponsel untuk mengingatkan Anda.

  • Bergerak minimal 30 menit tiap hari

Menurut Dr Brian Parr, Profesor di Departemen Ilmu Olahraga dan Kesehatan di University of South Carolina menunjukkan aktivitas moderat yang Anda lakukan setara dengan jalan cepat. Pekerjaan membersihkan rumah atau halaman, atau aktivitas apapun yang membuat Anda bergerak setara dengan olahraga moderat

Semoga dengan informasi diatas semakin membuat Anda lebih berhati-hati dan tidak terlalu banyak diam diatas kursi kerja. Sebaiknya lakukan selingan dengan berjalan atau bergerak diatas kursi kerja Anda. Karena dengan lancarnya sirkulasi darah akan membuat tubuh Anda tidak kaku serta lebih rileks.

POST REPLY