Bunda, Sunat Ketika Bayi itu Jauh Lebih Baik

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, tidak heran jika praktik sunatan di Indonesia menjadi hal yang biasa. Namun, meski pun begitu, tidak dapat dielakan lagi bahwa manfaat sunat jauh melampaui itu, di bidang medis sunat telah terbukti membawa banyak manfaat bagi bayi pada masa dewasa nanti. Di beberapa negara bahkan di Eropa dan Amerika Serikat dan negara maju lainnya, sunat pada bayi telah lama digalakan. Rumah sakit bersalin di negara-negara itu diberikan amanat untuk menambahkan fasilitas sunat untuk memudahkan orang tua yang ingin langsung menyunatkan anaknya setelah dilahirkan.

Di negara-negara yang ada di benua Afrika malah lebih kencang lagi menggalakan sunat pada bayi mengingat kesadaran masyarakat di sana yang masih rendah, para tim yang berisi peneliti dan dokter dari negara lain ikut ambil andil untuk mengedukasi para masyarakat benua Afrika untuk menyunatkan bayi mereka untuk kesehatan yang lebih baik nantinya, faktanya penyebaran penyakit menular seksual di benua Afrika terhitung sangat tinggi.

Gerakan yang sudah lama digalakan ini memberikan hasil yang cukup menggembirakan, angka orang tua yang ingin bayi mereka disunat bertambah. Kini para orang tua tidak lagi enggan untuk menanyakan kepada dokter yang bertugas apakah mereka dapat melakukan prosedur sunat atau tidak, dengan adanya peningkatan yang signifikan ini para dokter pun senang karena kerja keras mereka terbayar lunas.

Lalu bagaimana Sunat di Indonesia?

Tradisi yang berjalan semenjak lama di Indonesia adalah menyunatkan anak pada umur di atas lima tahun sampai menginjak remaja, waktu yang sering dipilih untuk melakukan sunat adalah pada liburan sekolah agar anak mendapatkan cukup waktu untuk penyembuhan dari luka sunat. Para pasien sunat yang memadati klinik sunatan pun biasanya didominasi oleh anak usia SD sampai SMP, entah sudah berapa lama paham ini berjalan di Indonesia. Yang jelas orang tua baru akan menyunatkan anaknya ketika mereka sudah cukup dewasa dan dianggap sudah mengerti tindakan yang akan dilakukan.

Apa yang tidak diketahui para orang tua ini adalah bahwa sunat lebih baik dilakukan pada umur bayi, memang kedengarannya agak menyeramkan karena yang muncul di pikiran para orang tua ini ketika mendengar sunat bayi adalah bayi yang masih renta sedang menjalani proses sunat yang menyeramkan. Pola pikir ini seharusnya di rubah, meski kelihatannya rapuh, sistem tubuh bayi tidak serapuh yang kita kira.

Dr. Mahdian Nur Nasution menyangkal pola pikir ini, dokter spesialis bedah saraf yang telah cukup lama menjalani profesi sebagai dokter di rumah sakit, ia berpendapat bahwa sesungguhnya sunat bayi adalah sesuatu yang tepat untuk dilakukan. Mengapa demikian, karena menurut pandangan medis, umur bayi justru menjadi umur yang tepat untuk dilakukan sunat.

“Pada masa bayi, pertumbuhan sedang dalam masa yang cepat sehingga luka sekecil apapun akan sembuh dengan cepat.” Ujar dr. Mahdian pada acara Dokter OZ Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Di sisi lain, sunat bayi sesungguhnya menguntungkan si anak sendiri ketika dewasa. Sunat yang dilakukan ketika anak masih bayi akan membuat anak tidak akan ingat bagaimana rasa sakitnya, dan juga dapat meringankan beban mental anak ketika dewasa nanti. Survei yang dilakukan menyatakan bahwa banyak anak yang berharap bahwa tindakan sunat yang dilakukan padanya telah dilakukan semenjak bayi.

Tidak ada yang perlu ditakuti dari sunat bayi, asalkan orang tua memilih klinik sunat yang terbaik dan simak artikel ini untuk mengetahui persiapan sebelum sunat. Rumah Sunatan merupakan pusat sunat anak dan dewasa merupakan klinik sunat yang terbaik, Rumah Sunatan melayani sunat bayi sampai dewasa dengan metode klamp yang modern tanpa jahitan dan perban.

Rumah Sunatan menggunakan metode klamp untuk tindakan sunat bayi karena dengan klamp tindakan yang dilakukan hanya berlangsung tidak lebih dari lima menit, tanpa pendarahan, dan cepat sembuh. Tabung pada klamp juga akan melindungi kepala penis bayi selama masa penyembuhan, sistem jepit yang digunakan oleh metode klamp melindungi luka dewasa bayi sehingga tidak akan terjadi infeksi nantinya asalkan mengikuti aturan perawatan setelah khitan dari rumah sunatan.

Di Rumah Sunatan segala kekhawatiran orang tua akan hilang karena fasilitas ungguan yang diberikan, tim dokter yang profesional dan mengerti benar bagaimana prosedur sunat bayi, perawat yang akan memberikan penjelasan yang lengkap berkaitan dengan informasi sunat dan tatacara perawatan di rumah, dan yang terakhir adalah obat-obatan yang disesuaikan dengan umur pasien.

Jangan tunda untuk menyunat putra tercinta karena sunat akan lebih baik jika dilakukan secepatnya, dan tentunya sangat bijak bila orang tua memilih Rumah Sunatan yang memiliki fasilitas medis dan non-medis yang lengkap, dan layanan yang terbaik seperti motto yang selalu diusung oleh Rumah Sunatan yaitu with care with love.

POST REPLY