Manfaat, fungsi dan kegunaan kopi untuk kesehatan

Efek samping yang paling utama dari seorang yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan adalah kemungkinan akan mengalami peningkatan hormon stress (kortisol hormon) akibat banyaknya kadar kafein yang masuk ke dalam tubuh. Ketika hormon stres ini bekerja, seseorang dapat mengalami tekanan pikiran, gelisah, dan bisa juga mudah marah. Kopi juga menyebabkan tekanan darah naik sehingga berbahaya jika diminum tanpa kontrol.

Namun sebaliknya, jika kopi diminum sesuai dengan takaran yang aman untuk tubuh, maka kopi dapat memberikan banyak manfaat, diantaranya adalah:

  1. Kopi membantu meningkatkan kemampuan memori jangka pendek dan panjang. Dengan minum dua cangkir kopi berkafein per hari, manfaat tersebut bisa dirasakan. Demikian hasil studi Masyarakat Radiologi Amerika Utara di tahun 2005. Selain itu, kopi membantu mencegah penyakit Alzheimer.
  2. Risiko diabetes menurun karena meminum kopi. Dengan empat cangkir kopi per hari menurunkan risiko diabetes sampai separuhnya. Penyebabnya adalah senyawa kopi dapat menghalangi kerja hIAPP, yaitu suatu polipeptida yang menghasilkan serat protein abnormal pencetus diabetes tipe2.
  3. Mencegah beberapa jenis kanker. Studi di Swedia pada 2008 menemukan kaitan mengonsumsi kopi dengan penurunan risiko beberapa kanker yang terkait estrogen, obesitas, dan insulin. Jenis kanker tersebut yaitu kanker payudara, prostat, endometrium, dan hati.
  4. Meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga dapat menurunkan atau mempertahankan berat badan. Pada studi di tahun 2006 dikatakan, asam cholorogenic pada kopi bisa mengurangi penyerapan glukosa.
  5. Mencegah penyakit Parkinson. Penyakit yang ditandai gemetarnya bagian tubuh ini bisa dicegah hingga 25% nya dengan minum 2-3 cangkir kopi/hari menurut sebuah studi di tahun 2010.
  6. Kopi juga punya kandungan antioksidan tinggi. Riset yang dilakukan Hardvard University mengungkap bahwa kopi punya antioksidan lebih tinggi dari kebanyakan sayuran dan buah-buahan.
  7. Mencegah penyakit asam urat. Studi di tahun 2007 mengungkapkan, mereka yang minum enam cangkir kopi sehari dapat menjadi alasan seseorang memiliki risiko terkena asam urat lebih rendah hingga 60%.
  8. Mencegah batu empedu. Penelitian di Harvard University tahun 2002 menyimpulkan dengan meminum empat cangkir sehari membuat seseorang mengalami penurunan risiko terkena batu empedu hingga 25% pada pria.
  9. Mencegah depresi. Dengan minum 2-3 cangkir kopi/hari dapat menurunkan kemungkinan depresi sampai 15%. Saat minum empat cangkir, risiko depresi turun 20%. Demikian menurut studi yang dimuat dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 lalu. Namun, disarankan tidak lebih banyak dari takaran tersebut.

POST REPLY