Papsmear dan USG Payudara Gratis dalam Rangka HUT Waskita Karya ke-57

IMG-20171003-WA0000Data terbaru di tahun 2017, sebanyak 252.710 wanita di Amerika Serikat didiagnosis kanker payudara, naasnya sebanyak 40.610 diantaranya berakhir dengan kematian. Di Indonesia, kanker payudara menempati urutan ke-2 setelah kanker serviks dengan rasio 26/100.000 penduduk. Dengan kata lain 1 diantara 8 wanita akan mengalami kanker payudara.

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :

Call Center : 021-8242-0020

Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2

Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

Pengetahuan kesehatan terutama mengenai tanda /gejala, dan pentingnya deteksi dini kanker payudara menjadi bagian penting yang harus terus disampaikan ke masyarakat untuk mencegah perburukan penyakit serta kematian yang lebih tinggi.

Gejala yang sering muncul pada penderita kanker payudara, meliputi; benjolan di payudara atau ketiak, perdarahan puting susu, puting susu yang tertarik kedalam, nyeri pada daerah payudara atau ketiak, pembengkakan kelenjar getah bening, perubahan ukuran atau bentuk payudara dan puting susu.

Diagnosis kanker payudara didapat melalui pemeriksaan fisik, bisa dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), pemeriksaan menggunakan alat mamografi, ultrasound (USG) dan biopsi. Pada tanggal 1 Oktober 2017 lalu, bertempat di RS Panti Wilasa, Jl. Dr. Cipto No.50, Semarang. Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PT Waskita Karya ke-57, dilakukan skrining kanker payudara dan papsmear, pada 40 wanita asal Semarang. Kegiatan ini bekerjasama dengan Women’s International Club, Semarang. Turut hadir dalam kegiatan acara ini Lili Kaggoana Gondokusumo – President Women’s International Club Semarang, dr. Jentot – PT Waskita Karya dan Zainal Abdi – Klinik Nyeri dan Tulang Belakang, Jakarta.

USG payudara diketahui sebagai salah modalitas diagnosa, kanker payudara. USG memanfaatkan gelombang suara untuk membuat gambaran jaringan payudara. USG mampu memberikan gambaran yang jelas sebuah benjolan dalam payudara berisi cairan (kista) atau padat, yang mungkin tidak dapat diperlihatkan oleh alat mamografi. USG juga dapat memperlihatkan seberapa besar penyebaran kanker di payudara. Setiap peserta kegiatan bakti sosial USG payudara, membutuhkan waktu pemeriksaan antara 15-30 menit. (ant)