Sunat Di Klinik Saat New Normal Tak Perlu Khawatir, Patuhi Protokol Covid-19

Banyak rencana yang terpaksa ditunda selama masa PSBB, seperti sunat salah satunya. Namun, saat ini setelah memasuki era New Normal pasca-PSBB di mana masyarakat akan menjalankan aktivitas secara normal, sunat di klinik pun dapat dilakukan tanpa perlu kekhawatiran asalkan dengan mengedepankan protokol pencegahan Covid-19.

Pemerintah menghimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dalam upaya mencegah penularan virus Corona, antara lain menjalani aktivitas dengan jaga jarak baik secara fisik dan sosial, memakai masker ke manapun, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Hal ini merupakan sebuah keharusan/wajib bagi setiap individu demi kepentingan individu itu sendiri maupun kepentingan masyarakat bersama.

Cegah Penularan Covid-19 Perkuat Sistem Imun

Selain melakukan physical distancing, memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer yang terpenting untuk mencegah penularan Covid-19 adalah memperkuat sistem imun untuk melawan virus/bakteri penyebab penyakit. Berikut cara memperkuat/meningkatkan sistem imun:

  1. Mengonsumsi makanan bergizi
  2. Mengonsumsi vitamin/suplemen penunjang daya tahan tubuh
  3. Rutin olahraga
  4. Mengelola stres dengan baik
  5. Istirahat yang cukup

Tidak hanya untuk individu, fasilitas umum, fasilitas kesehatan maupun perkantoran perlu menerapkan protokol pencegahan Covid-19, seperti halnya yang dilakukan Rumah Sunat dr. Mahdian.

Protokol Pencegahan Covid-19 Di Klinik Rumah Sunat dr. Mahdian Selama New Normal

  1. memastikan klinik dalam keadaan higienis
  2. melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar lingkungan klinik
  3. melakukan pengukuran suhu tubuh pada karyawan dan pasien sebelum masuk ke dalam klinik
  4. karyawan klinik dan pasien wajib untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke dalam klinik.
  5. memberikan edukasi pada karyawan dan pasien mengenai penyebaran Covid-19 dan pencegahannya.
  6. setiap karyawan dan pasien wajib menggunakan masker saat masuk ke dalam klinik.
  7. petugas medis yang akan melakukan tindakan sunat akan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).
  8. memastikan peralatan sunat selalu dalam kondisi higienis dan steril.
  9. penggunaan alat medis untuk sunat satu kali pakai guna mencegah risiko kontaminasi silang virus/bakteri penyebab penyakit.
  10. menerapkan physical distancing pada ruang tunggu pasien

 

Meskipun New Normal telah diberlakukan, masih ada kemungkinan penularan virus Corona terjadi. Itu sebabnya menjaga kesehatan menjadi faktor utama untuk meminimalisasi risiko penularan.

Tak perlu khawatir untuk sunat di klinik Rumah Sunat dr. Mahdian. Sebagai fasilitas kesehatan mengutamakan kenyamanan pasien saat berkhitan, untuk itu jangan lupa ikuti prosedur yang telah ditentukan. Selain melayani sunat untuk anak, juga melayani khitan dewasa dengan tenaga medis laki-laki.