SUNAT GEMUK UNTUK ANAK

Sunat gemuk diperuntukkan untuk anak-anak gemuk. Anak gemuk biasanya mengalami kesulitan untuk sunat. Kebanyakan rumah sakit atau klinik sunat menyarankan anak untuk menjalani diet atau terapi hormon terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kondisi penis pada anak yang gemuk berbeda dengan anak yang memiliki berat badan normal.

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :
Call Center : 021-8242-0020
Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2
Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

Kondisi ini dinamakan mikropenis dan burried penis. Mikropenis adalah kondisi di mana anak memiliki penis yang kecil. Pada umumnya, panjang penis pada anak yang baru lahir mencapai 3-4 cm. Sedangkan pada umur 1 tahun, rata-rata panjang penis anak mencapai 3-5 cm. Jika ukuran kurang dari ukuran tersebut, bisa jadi anak mengalami mikropenis.

Seringkali orang mengira mikropenis dan burried penis adalah kondisi yang sama. Namun, faktanya mikropenis dan burried penis adalah kondisi yang berbeda. Mikro penis adalah kondisi di mana anak memiliki penis yang kecil, sementara burried penis adalah kondisi di mana ukuran penis normal hanya saja tertutup dengan lapisan lemak di bawah perut.

Mikropenis dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kelainan hormon, sindrom tertentu yang berkaitan dengan kelainan bawaan, kelainan susunan saraf pusat, disorder of sex development (DSD). Sementara burried penis dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti perkembangan kulit penis yang kurang baik, obesitas dan lemak perut berlebih.

Anak-anak yang memiliki kondisi mikropenis dan burried penis ketika ingin melakukan sunat, haruslah mendapat penanganan tenaga ahli yang profesional. Pada kasus ini, jika garis sunat terlalu jauh dari glans dapat mengakibatkan kulit batang penis yang terpotong dan kulup akan tertinggal di glans. Akibat glans tidak menempel pada batang penis, keadaan penis yag terkubur akan membuat sulit ketika disunat.

SUNAT GEMUK

Namun, saat ini orangtua tidak perlu khawatir lagi jika ingin menyunat anaknya yang memiliki kondisi mikropenis atau burried penis. Rumah Sunat dr. Mahdian menyediakan layanan sunat gemuk, tanpa harus melakukan terapi hormon maupun melakukan diet, anak tetap dapat disunat dengan aman. Selain itu, ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah dan menggunakan metode khusus.

Bagi orangtua yang anaknya ingin melakukan sunat gemuk dapat melakukan beberapa persiapan sebelum sang anak sunat, seperti:

  1. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk mematiskan bahwa kondisi penis anak benar mengalami mikropenis atau burried penis.
  2. Sebelum disunat, orangtua dapat memberikan edukasi pada anak atau membantu membantu anak untuk menajaga kebersihan daerah gentalianya.
  3. Disarankan sering menarik kulup penisnya agar tidak ada perlengketan pada kepala penisnya sehingga bersih dari kotoran sisa buang air kecil yang mengendap di dalam.
  4. Disarankan orangtua menjaga pola makan anak dengan mengurangi konsumsi makanan siap saji . Hal ini disebabkan makanan tersebut cenderung menggunakan banyak hormon.
  5. Sebelum tindakan sunat sebaiknya, orangtua memberi pengertian pada anak mengenai proses sunat.