Tidak Perlu Tunggu Liburan Baru Sunat

Libur telah tiba..libur telah tiba …

Libur sekolah menjadi hal yang selalu ditunggu-tunggu. Bahkan rencana liburan sudah dibuat jauh-jauh hari, sehingga saat libur sekolah tiba hanya tinggal merealisasikannya saja. Meskipun banyak yang pergi jalan-jalan, namun tidak sedikit juga yang melakukan sunat saat  liburan. Liburan sekolah dikenal juga dengan musim sunat. Hal ini dikarenakan para orangtua menganggap, libur sekolah merupakan waktu yang pas untuk sunat ketika anak tidak memiliki aktivitas harian yang berat seperti sekolah dan berolahraga dengan harapan sang anak dapat beristirahat agar proses penembuhan luka bekas sunat dapat cepat sembuh.

Namun apakah benar waktu yang pas untuk sunat adalah saat liburan sekolah?

USIA SUNAT

usia-sunat

Saat usia berapakah anak harus sunat? menurut dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS dari Rumah Sunat dr Mahdian, waktu paling baik untuk sunat adalah saat anak masih bayi. Usia bayi merupakan usia di mana perubahan jumlah sel manusia terjadi paling cepat dan paling banyak. Pada usia bayi jika terdapat luka, paling cepat sembuh karena sel akan beregenerasi paling bagus saat itu.

Saat usia bayi kurang dari 6 bulan, biasanya anak belum bisa tengkurap, jadi akan lebih memudahkan proses keringnya luka. Maka, disarankan sebaiknya lakukan tindakan sunat saat usia 0-6 bulan. Jika di atas 6 bulan ditakutkan akan mengalami dampak trauma. Namun, sebenarnya sunat dapat dilakukan kapan saja tergantung kesiapan mental anak dan orangtua. Hanya saja, lebih cepat akan lebih baik bagi anak.

Manfaat Sunat

  1. Kebersihan

Sunat dapat menjaga kebersihan penis. Hal ini disebabkan pada penis terdapat smegma, yaitu zat berwarna putih dan kental yang berada di bawah kulit ujung penis. Jika kulup tidak diangkat, smegma yang pada dasarnya merupakan tumpukan sel-sel kulit mati akan membuat penis kotor dan bau.

  1. Mencegah Infeksi

Salah satu penyebab infeksi saluran kemih adalah menumpuknya kotoran di sekitar kulup penis. Melalui sunat, risiko mengalami infeksi saluran kemih akan berkurang karena kulup telah dibuang.

  1. Mencegah Kanker

Pada pria yang telah disunat mengalami risiko kanker penis 20 kali lebih rendah daripada pria yang tidak disunat. Sementara itu, risiko kanker prostat meningkat 50-100% pada pria yang tidak disunat dibandingkan dengan pria yang sudah disunat.

  1. Mencegah Penyakit Menular

Menurut peneliti dari John Hopkins University, bahwa kasus HIV paling banyak ditemukan pada mereka yang tidak disunat. Selain penyakit HIV, orang yang tidak sunat juga akan mudah terkena risiko penyakit menular lainnya, seperti herpes genital, sifilis dan human papilloma virus (HPV) yang dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita.

Metode Sunat Klem

metode-klem

Metode klem merupakan metode sunat yang menggunakan tabung plastik anti bakteri dan ring/cincin sebagai pengganti verban dan jahitan, sehingga tindakan sunat tidak lagi berisiko perdarahan atau infeksi. Metode ini juga meminimalisir rasa sakit yang dirasakan pasien dan setelah melakukan sunat, besoknya anak langsung bisa beraktivitas. Sehingga orangtua tidak perlu khawatir mengenai proes penyembuhan anak. Alat klem seperti penjepit tali pusar pada bayi. Alat ini memiliki cetakan berbentuk bundar dan ukuran sesuai ukuran penis pasien.

Rumah Sunat dr. Mahdian merupakan salah satu klinik sunat yang menggunakan metode klem. Terlebih lagi dr.Mahdian sebagai pendiri Rumah Sunat dr.Mahdian menciptakan sendiri alat klemnya. Alat klem ini memiliki sistem penguncian metode putar yang dapat menjamin klem hanya dapat digunakan sekali pakai. Selain menggunakan klem, Rumah Sunat dr.Mahdian menggunakan alat bius tanpa jarum suntik. Alat yang digunakan adalah comfort in. Alat ini bertujuan meminimalkan rasa sakit dan juga menghindarkan risiko trauma suntik pada anak. Kini, tidak perlu lagi menunda sunat hingga musim liburan sekolah, hari biasa pun anak bisa melakukan sunat.

Untuk informasi lebih lanjut atau melakukan pendaftaran, bisa mengunjungi website Rumah Sunat dr.Mahdian di https://rumahsunatan.com/ melalui telepon  (021) 8242 0020, 8243 8530 atau 8243 8532, bisa juga kunjungi media sosial kami di facebook Rumah Sunat dr. Mahdian dan Instagram @rumahsunatdrmahdian .

POST REPLY