Vegetarian Membuat Panjang Umur

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa dengan menjadi orang yang vegetarian dan tidak mengkonsumsi daging cenderung lebih sehat secara keseluruhan & bahkan dapat berusia lebih panjang. Salah satu penelitian yang mengungkap hal ini adalah artikel dalam sebuah jurnal kesehatan Internasional. Penelitian tersebut dilakukan dengan mengamati data dari tujuh penelitian klinis serta 32 penelitian lain yang dipublikasikan antara tahun 1900 sampai dengan tahun 2013. Mereka menemukan bahwa orang yang menjadi vegetarian atau menjalani diet vegetarian cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang makan daging. Bagaimana menjadi vegetarian bisa membuat orang berusia panjang? Berikut adalah alasan mengapa vegetarian berkemungkinan berusia lebih panjang :

LAYANAN RUMAH SUNAT DR MAHDIAN :

Call Center : 021-8242-0020

Whatsapp Chat : https://bit.ly/WebWaChat2

Pendaftaran Online : http://bit.ly/WebDaftarOnline

  • Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah tinggi mungkin tampak remeh, namun juga bisa memicu penyakit lain yang lebih berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, dan lainnya. Tak heran jika diet vegetarian yang bisa mengontrol tekanan darah akan membuat Anda lebih sehat. Peneliti menemukan bahwa vegetarian tidak hanya memiliki tekanan darah yang lebih rendah secara rata-rata, namun diet vegetarian juga bisa dilakukan untuk mengontrol tekanan darah. Diet vegetarian diketahui bisa dilakukan oleh orang-orang yang mengalami hipertensi untuk menurunkan tekanan darah mereka

  • Menurunkan Risiko Kematian

Vegetarian tidak mengonsumsi lemak, terutama lemak jenuh dan kolesterol yang berkemungkinan bisa menghambat aliran dalam pembuluh darah mereka. Sehingga tentu saja vegetarian memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena hampir semua penyakit kronis seperti stroke atau jantung. Penelitian di tahun 2013 mengungkap bahwa vegetarian memiliki risiko kematian 12% lebih rendah dibandingkan dengan non-vegetarian. Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati 70.000 orang.

  • Mencerahkan Mood

Peneliti menemukan bahwa setelah dua minggu, orang yang melakukan diet vegetarian diketahui memiliki mood yang lebih baik dibandingkan dengan non-vegetarian. Jangan salah, mood & kesehatan mental baik sangat membantu untuk menjaga kesehatan fisik. Hal ini ditemukan setelah peneliti melakukan percobaan dengan membagi partisipan menjadi tiga kelompok diet. Diet pertama mengonsumsi daging, kedua hanya makan ikan serta yang ketiga adalah diet vegetarian.

  • Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang tak hanya bisa memicu penyakit lain, namun juga bisa berujung pada kondisi serius dan kematian. Tak heran jika vegetarian memiliki risiko terkena penyakit jantung yang kecil, mereka juga memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2013 mengungkap bahwa vegetarian memiliki risiko 32 persen lebih rendah untuk terkena penyakit jantung jenis tertentu. Hasil ini ditemukan oleh peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap 44.000 orang.

  • Turunkan Risiko Kanker

Penelitian ini didukung fakta bahwa vegetarian memiliki risiko terkena kanker yang paling rendah dibandingkan non-vegetarian. Terutama kanker yang menyerang wanita seperti kanker payudara. Sayangnya penelitian ini tak mengungkap penyebab mengapa non-vegetarian lebih rentan terkena kanker. Penelitian di Loma Linda University di California mengungkap adanya kaitan antara menjadi vegetarian dengan rendahnya risiko kanker.

  • Turunkan Risiko Diabetes

Menjadi vegetarian tidak akan menyembuhkan diabetes. Melakukan diet vegetarian akan membantu Anda mengontrol gula darah & memperbaikinya, namun tidak menyembuhkannya. Tidak hanya mencegah penyakit jantung & kanker, ternyata menjadi vegetarian juga bisa mencegah seseorang terkena diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa vegetarian memiliki risiko terkena diabetes yang lebih rendah dibandingkan dengan non-vegetarian.

  • Menjaga Berat Badan

Ini bukan berarti menjadi non-vegetarian tidak sehat & membuat berisiko mati. Orang yang tidak menjadi vegetarian juga bisa tetap sehat jika selalu memperhatikan kebugaran, gaya hidup serta pola makan. Menjadi vegetarian juga memiliki risikonya sendiri, seperti lebih rentan mengalami kekurangan zat besi. Namun di sisi lain, menjadi vegetarian juga bisa memberikan banyak manfaat seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya. Penelitian menunjukkan bahwa vegetarian cenderung memiliki tingkat kolesterol & BMI yang lebih rendah. Tidak hanya itu, jarang sekali vegetarian yang mengalami kelebihan berat badan dibandingkan dengan non-vegetarian. Beberapa data bahkan menyebutkan bahwa diet vegetarian membantu orang menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal.